Latest News

Harga Cabe Mahal, Petani Cabe Yang Untung

Hai sahabat petani, dikala ini harga cabe se&g naik. Namun saya tidak tahu secara niscaya apa penyebabnya. Yang jelas, kenaikan harga cabe hingga 10 kali lipat dari yg sebelumnya di kisaran Rp7000/KG, kini menjadi Rp70.000/KG. Bahkan di suatu kawasan saya mendengar ada yg hingga Rp100.000 lebih per KG-nya.

 Namun saya tidak  tahu secara niscaya apa penyebabnya Harga Cabai Mahal, Petani Cabai Yang Untung

Wah, nampaknya kenaikan harga cabe sebesar 1000% dari harga biasanya.

Nah sahabat, tanggapan kenaikan dari harga cabe tersebut, petanilah yg paling diuntungkan. Tentu petani yg dimaksud yakni petani cabe lo ya, bukan petani tomat / yg lainnya. Sebab, kenaikan harga yg lainnya tidak saya bahas di sini.

Atas kenaikan ini, sebelumnya banyak petani yg tidak pernah menduga bila harga cabe bisa, setinggi itu. Bahkan tanggapan harga cabe yg cenderung murah sebelumnya, banyak petani yg tidak berminat untuk menanam cabai. Nah, barulah kini banyak yg menyesal & mulai melaksanakan pembibitan cabe kembali.

Yang jaya yakni petani yg menanam cabai. Maka inilah saat-saat yg paling menguntungkan bagi mereka. Saat harga cabe melambung tinggi hingga 10 kali lipat, berarti penghasilan petani cabe pun juga naik 10 kali lipat. Baygkan bila petani memperoleh 20 KG saja setiap panen. Wah,, berarti Rp1.400.000 masuk ke kantong mereka.

Oleh lantaran itu, pelajaran yg harus diambil oleh petani ialah, tanamlah saja cabe di lahan Anda. Toh suatu dikala yg namanya harga cabe itu niscaya akan mengalami naik turun. Ketika harga turun, setidaknya Anda masih punya penghasilan dari cabe yg Anda tanam. Dan bila harga naik, di situlah laba Anda.

Bukan duduk kasus laba uang saja. Kita sendiri sebagai petani, niscaya memerlukan cabe setiap harinya kan? Entah untuk bumbu memasak, dibentuk sambal / apa pun itu, yg terperinci setiap hari kita butuh bumbu masak yg rasanya pedas ini. Itu juga merupakan laba bila kita menanamnya. Sebab, tanpa harus membeli kita bisa, memetiknya setiap hari.

Jujur, saya sebagai petani yg juga menanam cabai, juga turut bahagia atas kenaikan ini. Tapi meskipun begitu saya berharap biar harga cabe lekas stabil kembali. Apa gunanya kita senang, tapi bersenang di atas banyak penderitaan orang lain. Apa gunanya kita menerima banyak uang, tapi banyak orang yg harus meninggalkan cabe gara-gara tidak bisa membelinya.

Oleh lantaran itu, yuk sama-sama berdo'a biar harga cabe normal kembali. Itu semua biar masyarakat tidak ragu-ragu lagi membeli lombok, & mereka bisa, merasakannya lagi setiap hari.

Oke, cukup sekian goresan pena saya ihwal "harga cabe mahal, petani cabe yg untung". Semoga goresan pena ini mempunyai kegunaan bagi Anda. Terima kasih telah membaca goresan pena ini, jangan lupa baca juga "jasa petani yg sering dilupakan". Terima kasih...