Latest News

Jenis & Fungsi Bak Ikan Koi

Jenis kolam dibedakan berdasarkan bentuk dari kolam, & terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
  • persegi panjang;
  • bujur sangkar;
  • lingkaran;
  • segitiga.
1. Bentuk Persegi Panjang
Kolam berbentuk persegi panjang, umumnya sering kita temukan di masyarakat sebagai kolam pemeliharaan ikan tradisional. Kelebihannya terletak dalam hal sirkulasi air & penyediaan masakan alami untuk ikan, hal ini di karenakan kolam berbentuk persegi panjang memiliki pinggiran / sisi yg lebih banyak dibandingkan kolam berbentuk bujur sangkar. Makanan alami ikan (monia, daphnia) lebih banyak tumbuh di pinggiran kolam yg &gkal / dalam bahasa Jawanya 'Cetek', dibandingkan dengan di tengah kolam yg relatif lebih dalam.

2. Bentuk Bujur Sangkar
Seperti telah dituliskan di atas, kolam berbentuk bujur kandang ini memiliki kelemahan dalam hal sirkulasi air & penyediaan bahan2 masakan alami ikan. Kolam berbentuk bujur kandang sanggup dipilah sebagai alternatif terakhir alasannya yaitu a&ya kelebihan tanah.

3. Bentuk Lingkaran / Bulat
Lima tahun yg lalu, kolam berbentuk lingkaran tidak lazim dibentuk orang. Namun dengan a&ya perkembangan budidaya ikan, di Jawa Barat telah dikembangkan kolam air deras yg berbentuk bulat. Kolam ini memiliki pembuangan air poros di tengahnya. Kolam berbentuk lingkaran ini sanggup ditemukan di Balai Benih Ikan di Leuwisari, Tasikmalaya. Kolam ibarat ini kapasitasnya biasanya lebih banyak & dengan sirkulasi air serta pembuangan kotorannya lebih terjamin. Model kolam semacam ini keseluruhannya terbentuk dari pasangan kerikil kali.

4. Bentuk Segitiga
Sama halnya dengan bentuk kolam yg bulat, kolam berbentuk segitiga biasanya juga terbuat dari pasangan kerikil kali.

Jenis kolam dibedakan berdasarkan bentuk dari kolam Jenis & Fungsi Kolam Ikan Koi


FUNGSI KOLAM
Kegiatan budidaya perikanan yg sebenarnya, tidak terdiri dari aktivitas pembesaran ikan saja. Tetapi lebih dari pada itu, aktivitas budidaya ikan juga meliputi aktivitas pembenihan yaitu aktivitas menghasilkan / memproduksi benih hingga dengan ukuran tertentu. Oleh alasannya yaitu itu, selain kolam pembesaran, juga dikenal a&ya kolam pembenihan ikan, yg terdiri dari banyak sekali macam kolam sesuai dengan fungsinya.
Dan inilah pembagian kolam-kolam berdasarkan fungsinya dibedakan sebagai berikut:
  • Kolam Pemeliharaan Induk
Kolam pemeliharaan induk berfungsi sebagai kawasan penyimpanan induk-induk ikan yg akan dikawinkan/dipijahkan, & kawasan pemeliharaan induk-induk ikan yg telah selesai dipijahkan. Kolam pemeliharaan untuk induk ada dua buah: satu untuk induk jantan & lainnya untuk induk betina.

Sistem pemasukan air yg ideal ialah kolam induk jantan & betina bisa, mendapat air dari pintu air masing-masing. Kalau terpaksa sekali, sistem pemasukan airnya boleh seri. Tetapi harus diingat, kolam induk betina harus berada di sebelah atas, biar induk-induk betina tidak terangsang oleh anyir sperma jantan yg keluar tidak sengaja.

  • Kolam Pemijahan / Perkawinan
Kolam pemijahan berfungsi untuk mempertemukan induk jantan & betina yg telah matang telur, dengan terlebih dulu melaksanakan manipulasi lingkungan biar pemijahan berhasil dengan baik.

  • Kolam Penetasan Telur
Kolam penetasan telur ini tidak terlalu mutlak dalam satu unit perkolaman. Penetasan telur biasanya dilakukan di kolam pemijahan.

  • Kolam Pendederan
Fungsi kolam pendederan ialah untuk mendederkan / membesarkan larva ikan menjadi bibit ikan yg siap untuk dibesarkan. Kolam pendederan biasanya lebih dari satu kolam, ada kolam pendederan pertama, pendederan kedua, & lain sebagainya.

  • Kolam Pembesaran
Kolam pembesaran ikan tradisional biasanya berukuran sama / lebih besar dibandingkan kolam pendederan.

  • Kolam Penumbuhan Makanan Alami
Kolam ini tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan kolam yg telah disebutkan di awal. Kolam ini biasanya dibentuk dengan sengaja untuk persediaan masakan bagi benih yg masih lemah, / benih-benih ikan yg dirawat secara intensif.

  • Kolam Pengendapan
Kolam pengendapan dimaksudkan untuk mengendapkan lumpur yg terikut air. Bila tidak ada kolam ini, lumpur sanggup menjadikan pen&gkalan kolam. Selain kolam pengendapan, biasanya air sebagai hasil penyaringan dari kolam filter ini digunakan untuk pemijahan ikan & penetasan telur. Se&gkan untuk kolam-kolam pendederan & juga kolam pembesaran, airnya bisa, dari kolam pengendapan.

  • Kolam Penampungan Hasil
Kolam ini berfungsi untuk menampung hasil benih maupun ikan yg telah dipanen dari kolam. Biasanya kolam ini tidak begitu luas. Ka&g-ka&g kolam ini berfungsi untuk pemberokan ikan-ikan yg akan diangkut