Latest News

Cara Merawat Aquarium & Aquascape

A. Perawatan Aquarium Berkala

 Aquarium / Aquascape yg sudah ditata rapi memerlukan  Cara Merawat Aquarium & Aquascape
Aquarium / Aquascape yg sudah ditata rapi memerlukan perawatan berkala biar penampilannya tetap prima & menarik. Dua bulan pertama merupakan masa ketika aquascape memerlukan perawatan lebih intensif alasannya yaitu ekosistem aquscape masih belum stabil. Berikut aktivitas yg harus dilakukan untuk dua bulan pertama.

Perawatan Aquascape Minggu ke-1

Pada ahad pertama, ikan belum boleh dimasukkan ke dalam akuarium. Selain kondisi air belum stabil, kehadiran ikan pada awal pemeliharaan juga sanggup mengganggu perakaran tumbuhan yg kondisinya belum kuat. Bahkan, kotoran ikan juga sanggup buat akuarium cepat berlumut.
 Aquarium / Aquascape yg sudah ditata rapi memerlukan  Cara Merawat Aquarium & Aquascape
Kebersihan Air
Penggantian air idealnya 50% setiap hari selama seminggu biar kadar NH4 tidak naik & akuarium tidak berlumut.
Suhu Air
Idealnya, suhu air dijaga pada kisaran 24° C dengan suhu maksimum 26° C.
Lampu
Nyalakan lampu selama 5 jam setiap hari. Timer bisa, diatur sesuai dengan waktu luang Anda ‘menikmati’ akuarium tersebut.

Perawatan Aquascape Minggu ke-2

Pada ahad kedua, ikan-ikan kecil pemakan lumut boleh dimasukkan, tetapi jangan diberi makan selama satu minggu.Tujuannya, biar ikan memakan lumut yg tersisa di daun ketika merasa lapar sehingga akuarium tetap bersih.
Kebersihan Air
Air akuarium diganti setengahnya, dua kali seminggu.
Suhu
Pastikan chiller / kipas angin berfungsi dengan baik biar suhu tetap berkisar pada 25—27° C.
Lampu
Durasi menyalakan lampu bisa, dinaikkan hingga 6 jam per harinya.

Perawatan Aquascape Minggu ke-3

 Aquarium / Aquascape yg sudah ditata rapi memerlukan  Cara Merawat Aquarium & Aquascape
Pemberian pakan.
Pastikan pakan habis dalam waktu lima menit
biar kualitas air akuarium tidak cepat rusak
Ikan boleh ditambah sesuai kapasitas akuarium & bisa, mulai diberi pakan. Pakan harus habis dalam tempo lima menit. Kelebihan pakan harus dibuang dengan cara disedot menggunakan slang biar akuarium tidak berlumut.

Kebersihan Air
Air akuarium diganti setengahnya seminggu sekali.

Suhu Air
Suhu air tetap dijaga 26o C.
Lampu
Durasi menyalakan lampu bisa, dinaikkan hingga 7 jam per hari.

Perawatan Aquascape Minggu ke-4 hingga Minggu ke-6

Jika ada tumbuhan air yg membusuk / tidak sehat, segera ganti dengan tumbuhan air yg baru. Sementara itu, penggantian air dilakukan setiap dua ahad sekali.
 Aquarium / Aquascape yg sudah ditata rapi memerlukan  Cara Merawat Aquarium & Aquascape

Perawatan Aquascape Minggu ke-7 hingga Minggu ke-8

Karbon aktif & media filter menyerupai arang, mulai dikeluarkan dari filter. Ikan pun boleh ditambah sesuai dengan kapasitas akuarium. Pohon-pohon yg tumbuh terlalu panjang bisa, dipangkas.

Kebersihan Air
Ganti 30% air setiap dua ahad sekali.
Lampu
Durasi lampu bisa, ditambahkan menjadi 12 jam per hari biar tumbuhan tumbuh maksimal.

Perawatan Aquascape Lebih dari 8 minggu

Perawatan terencana dilakukan setiap dua ahad sekali dengan mengganti 50% air akuarium, mencuci filter, membersihkan kaca, & memangkas pohon yg layu / terlalu tinggi.

B. Pemberantasan Lumut & Keong

Lumut pada Tanaman Air

Lumut bisa, menjadi pengganggu bagi hobiis yg ingin menikmati keindahan aquascape. Salah satu sumber penyebaran lumut berasal dari tanaman yg gres dimasukkan ke dalam aquascape. Karena itu, sebelum dimasukkan ke dalam akuarium, tumbuhan gres tersebut perlu dipastikan bebas lumut. Jika terdapat lumut pada tumbuhan tersebut, lakukan langkah berikut ini.
  1. Campur 100 cc larutan pemutih baju dengan 2.000 cc air bersih.
  2. Celup pohon yg berlumut ke dalam larutan tersebut selama 30 detik.
  3. Bilas pohon tersebut dengan air higienis hingga anyir larutan hilang.
  4. Tanam pohon tersebut di akuarium.
Jangan kaget bila keesokan harinya Anda akan menemukan selaput putih di tepi daun pohon tersebut. Selaput putih tersebut menkamukan lumut sudah mati.

Lumut pada Akuarium

Selain pada tanaman, akuarium juga bisa, terjangkit lumut. Untuk mengatasinya, sebaiknya ganti air akuarium 2 kali seminggu & gunakan lampu UV pembunuh lumut (algae killer lamp). Air yg berlumut akan dipompa melalui lampu & dikembalikan lagi ke dalam akuarium.

Tabel 1. Jumlah watt yg diharapkan sesuai dengan volume air akuarium
Kekuatan Lampu (watt) Volume Air (liter)
13 100
18 400
36 1.500

Mengatasi Berbagai Jenis Lumut di Akuarium

 Aquarium / Aquascape yg sudah ditata rapi memerlukan  Cara Merawat Aquarium & Aquascape
Mencuci media filter.
Dilakukan untuk mengatasi lumut
& menambah kekuatan arus air di dalam akuarium
Lumut rambut (hair algae) diatasi menggunakan ikan ‘Sae’. Selain itu, gunting bab daun yg terjangkit lumut ini & ganti 50% air akuarium setiap seminggu sekali.
Lumut jenggot (beard algae) sanggup diatasi dengan mekhasiatkan larutan pemutih, mencuci media filter, & mengurangi kadar fosfat di dalam air.
Lumut biru (blue algae) mempunyai bentuk menyerupai lendir berwarna biru kusam. Untuk mengatasinya, atasi dengan mencuci media filter & menambah kekuatan arus di dalam akuarium sehingga air bergerak lebih cepat.

Memberantas Keong

Selain keong hias, ada pula keong yg bersifat merugikan. Keong berbentuk kerucut tersebut harus dibasmi dari akuarium alasannya yaitu suka memakan dedaunan. Keong tersebut sanggup dibasmi dengan obat pengusir keong yg sanggup dibeli di toko akuarium. Dosisnya diubahsuaikan dengan proposal pakai yg tertera pada label kemasan.
Selain membelinya, aquascaper juga bisa, buat obat keong tersebut. Caranya, larutkan 2 sendok terusi (copper sulfat-dapat dibeli di toko kimia) ke dalam 600 ml air bersih. Tuangkan larutan tersebut ke dalam akuarium dengan perbandingan 10 ml air terusi untuk 100 liter air akuarium. Jika ada hama keong yg keluar / mengapung, segera buang. Jika ada u&g / ikan yg mengapung, segera pindahkan ke akuarium lain. Diamkan selama dua jam, kemudian ganti 90% air akuarium tersebut dengan air yg telah diendapkan minimum satu hari. Larutkan juga ‘water conditioner’ menyerupai Aquasafe dengan takaran sesuai hukum pemakaian. Fungsi 'water conditioner' ialah untuk membuang racun terusi yg masih tersisa. Setelah itu, nyalakan kembali seluruh perperalatanan aquascape, serta masukkan kembali u&g & ikan ke dalam akuarium.

D. Pemeliharaan Ikan

Pemberian Pakan

 Aquarium / Aquascape yg sudah ditata rapi memerlukan  Cara Merawat Aquarium & Aquascape
Pakan ikan. Gunakan pakan yg mengapung
di dalam air akuarium
Ikan di dalam aquascape bisa, diberi makan dua kali sehari. Atur dukungan makan sehingga pakan bisa, dihabiskan ikan dalam waktu 5 menit. Pilih pakan yg melayg di tengah air. Hindari pakan yg mengapung & pakan tenggelam. Pakan yg mengapung di permukaan air akan gampang masuk ke dalam filter, se&gkan pakan yg karam akan menyelip di antara pepohonan sehingga sulit diraih ikan.

Mengobati Ikan

Mengobati ikan yg sakit di aquascape tidak diperkenankan menggunakan Metyline Blue & garam alasannya yaitu akan buat tumbuhan air lumer & mati. Untuk mengatasinya, gunakan Ciprofloxacyn (broad spectrum antibiotic). Antibiotik ini dijual bebas di apotek. Satu tablet (250 mg) Ciprofloxacyn bisa, dipakai untuk 100 liter air akuarium. Tablet tersebut dilarutkan dalam ½ gelas air panas. Aquascaper bisa, juga membeli obat ikan lainnya. Namun, pastikan pada label kemasannya tertera kondusif untuk tumbuhan (safe for aquatic plant).

E. Kontraktor Akuarium

Jika hanya ingin menikmati aquascape & tidak mau direpotkan dengan urusan perawatannya, Anda sanggup menghubungi “maintenance contractor”, yakni seorang kontraktor yg menyewakan jasa untuk merawat aquascape. Kontraktor ini bisa, Anda temui di toko akuarium yg relatif besar, baik di Jabodetabek, maupun kota besar lainnya.

 Aquarium / Aquascape yg sudah ditata rapi memerlukan  Cara Merawat Aquarium & Aquascape