Latest News

Alat Pencungkil Kelapa Manual Yang Memudahkan Petani

Hai sahabat petani, bila Anda adalah petani kelapa, niscaya sesekali / bahkan harus berurusan dengan mencungkil kelapa setiap harinya. Ya jelas, namanya petani kelapa, masak mencungkil mesin ATM he he he..

Sahabat, perlu Anda ketahui kebanyakan petani di kawasan Sulawesi tengah mekhasiatkan hasil panen kelapanya untuk dijadikan kopra. Kopra adalah kelapa yg dijemur, kemudian umumnya dijual dengan harga per KG kepada pembeli kopra sehabis kering.

Nah, untuk buat kopra inilah diharapkan yg namanya proses pencungkilan kelapa terlebih dahulu. Tentu itu harus dilakukan, semoga kelapa bisa, dijemur & dijual tanpa melengket pada tempurung & kulitnya.

Untuk mencungkil kelapa, kebanyakan petani di sini menggunakan peralatan pencungkil kelapa manual yg biasanya disebut "cungkilan". Memang peralatan ini sangat sederhana, akan tetapi dengan a&ya peralatan khusus ini, petani akan dimudahkan dalam aktifitas pencungkilan kelapanya. Sebab, sangat sulit mencungkil kelapa dengan peralatan lainnya yg tidak didesain khusus.

Alat Pencungkil Kelapa
Hal yg buat cungkilan gampang dipakai ialah, bentuknya yg melengkung yg diubahsuaikan dengan bentuk tempurung kelapa yg cekung. Ini dimaksudkan semoga mata cungkilan yg tajam sanggup menjelajah hingga ke tempurung kepingan dasar.

Bentuk Melengkung
Mungkin bagi Anda yg pertama kali mencoba, akan cukup kesulitan menggunakan peralatan ini. Dan untuk membantu kesulitan Anda, sebelumnya saya telah buat goresan pena perihal cara mencungkil kelapa dengan mudah. Pada goresan pena tersebut saya persembahkan khusus bagi pemula yg ingin mencoba perihal cungkil-mencungkil kelapa.

Entah sudah ada / belum perihal mesin pencungkil kelapa yg modern, tapi yg terang petani masih menggunakan peralatan manual ini untuk bekerja. Pasalnya harga yg cukup murah, gampang dibawa, serta tidak memerlukan perawatan ekstra adalah kelebihan yg buat petani memilihnya.

Selain itu, fasilitas untuk memakainya juga perlu diperhitungkan. Sebab dengan bentuknya yg khas ditambah keahlian penggunanya, maka untuk mencungkil kelapa yg cukup banyak pun bisa, dilakukan dengan waktu yg lebih cepat.

Saat ini, saya juga menggunakan cungkilan ibarat itu. Apakah Anda juga? bila iya silahkan bagikan di sini pengalaman mencungkil kelapa dari Anda. Demikian goresan pena saya perihal peralatan pencungkil kelapa manual yg memudahkan petani, semoga berkhasiat..