Latest News

Manfaatkan Pohon Ubi Kayu/Singkong Untuk Memagari Tanaman

Hai sahabat petani, kalau Anda mempunyai banyak ubi kayu alias singkong, maka sesudah ubinya dipanen, janganlah Anda membuang batang / pohonnya. Mulai sekarang, Anda bisa, mekhasiatkannya untuk dijadikan pagar yg melindungi flora Anda.

Anda juga tau kan yg namanya bertani itu tidak selalu di kebun yg jauh dari rumah. Banyak juga petani yg bercocok tanam hanya di pekarangan rumah mereka.

Nah, sebab itulah terka&g banyak gangguan yg tiba dari aneka macam hewan ternak milik warga. Ada itik, ayam, bebek, kambing & lain-lain.

Saya sendiri, yg menanam sayuran di pekarangan rumah juga sempat jengkel sebab ulah ayam & itik yg selalu merusak tanaman, bahkan memakannya. Dan sering saya mengalami kerugian akhir serangan hewan ternak tersebut.

Nah, sebab banyaknya gangguan terhadap flora Anda, maka saya menyarankan kepada Anda untuk memagari flora Anda, dengan mekhasiatkan batang ubi kayu tadi.

Caranya cukup gampang kok, Anda tinggal memotong batang ubi dengan ukuran kurang lebih 70-80 cm, kemudian meruncingkan kepingan bawahnya, & menancapkannya di tanah serta dibariskan hingga membentuk pagar.




Kelilingilah flora / la&g Anda dengan pagar hidup ini, semoga ayam, itik & hewan pengganggu lainnya tidak bisa, memasuki la&g Anda. Nah, untuk menancapkan batang ubinya, usahakan jarak antara batang yg satu dengan batang lainnya dibentuk rapat sehingga tidak bisa, dilewati meskipun oleh ayam kecil.

Jika ayam kecil saja tidak bisa, memasukinya, niscaya ayam besar pun tidak bisa, melewatinya juga. Dengan demikian, kecil peluangnya bagi binatang-binatang pengganggu untuk merusak flora Anda lagi.

Tips: Jika batang ubi sulit ditancap akhir tanah yg keras, maka cangkullah terlebih dahulu tanah yg dilalui batang ubi tersebut.

Keuntungan pertama buat pagar dari batang ubi yakni Anda bisa, buatnya dengan tanpa biaya. Anda bisa, mendapat pohon ubi kayu secara gratis, baik dari kebun Anda sendiri / memintanya di kebun milik orang lain.

Keuntungan kedua yakni cara buatnya yg mudah, simpel & tidak rumit. Seperti yg saya jelaskan tadi, bahwa pembuatan pagar ini hanya dengan memotong batang ubinya, kemudian menancapkannya di tanah & selesai. Berarti itu lebih gampang kan dibanding buat pagar dari bahan2 lainnya?

Keuntungan ketiga yakni Anda bisa, mengambil khasiat dari daun ubi yg tumbuh dari batang ubi tersebut. Wah, tidak mengecewakan kan, selain sanggup melindungi tanaman, ternyata daun ubinya juga berkhasiat. Kini Anda tidak perlu lagi membeli daun ubi kalau ingin memasaknya. Bahkan daun ubi tersebut bisa, juga menghasilkan uang kalau Anda menjualnya kepada orang lain.


Keuntungan keempat yakni pagar batang ubi ini sangat kekal & tahan lama. Ya jelas, itu sebab pagar ini hidup, sehingga tidak gampang amis kalau dibandingkan dengan pagar dari kayu / bambu. Pagar batang ubi bisa, bertahan hingga bertahun-tahun hingga pohonnya pada mati, & menjadi lapuk. Wow, berarti selama belum lapuk, Anda bisa, mencicipi khasiat dari pagar ini.

Nah sahabat, dari banyaknya laba yg ada, maka saya menyarankan lagi kepada Anda untuk segera buat pagar ibarat ini. Itu semua semoga Anda mendapat laba secepatnya dari batang singkong yg sebelumnya kurang berkhasiat.

Baiklah, cukup sekian goresan pena saya perihal mekhasiatkan pohon ubi kayu untuk memagari tanaman, semoga mempunyai kegunaan bagi Anda. Terima kasih & salam sukses...