Latest News

Manfaat & Potensi Ternak Jangkrik

MANFAAT TERNAK JANGKRIK
Pakan binatang piaraan
Jeliteng, jerabang, & bering telah banyak dikhasiatkan sebagai pakan utama maupun pakan tambahan2 burung berkicau, menyerupai poksay, kacer, hwambie & juga pakan ikan arwana, louhan, lele, & jenis Crustacea menyerupai u&g & lobster. Di Amerika Serikat & Kanada, jangkrik dipakai sebagai pa­kan pada acara rearing hewan vertebrata pemakan serangga dalam rangka penelitian & konservasi alam. Vertebrata pemakan serangga tersebut ialah hedgehogs, golden moles, "true" moles, "true" shrews, moonrat, gymnures, solenodons, & tenrecs.

Pengganti tepung
Kandungan protein yg tinggi pada jangkrik hasil ternak sanggup diolah menjadi tepung, sehabis menjadi tepung banyak di­gunakan sebagai bahan2 dasar dalam banyak sekali pekhasiatan. Beberapa perusahaan di luar negeri misalnya, telah menggunakan tepung jangkrik sebagai adonan obat-obatan.

Bahan kosmetik
Hasil penelitian perihal kandungan nutrisi & senyawa mempunyai kegunaan dalam badan jangkrik telah membawa pengetahuan perihal pekhasiatan jangkrik dalam bi&g kosmetik. Beberapa perusahaan kosmetik moderen terkemuka di luar negeri telah menggunakan jangkrik sebagai bahan2 dasar kosmetik tertentu yg bernilai tinggi.

Hewan uji
Jangkrik dipakai sebagai binatang uji yg sangat penting pada penelitian toksikologi & fisiologi serangga di beberapa negara, menyerupai Amerika Serikat, Kanada, Pakistan, India, Vietnam, & juga di Indonesia

 & bering telah banyak dikhasiatkan sebagai pakan utama maupun pakan tambahan2 burung ber Manfaat & Potensi Ternak Jangkrik


POTENSI TERNAK JANGKRIK
jangkrik membutuhkan suhu optimal antara 28 - 35 °C dengan kelembapan relatif 70-80 %, hal ini sangat sesuai dengan keadaan iklim di Indonesia. Hal-hal lain yg mendukung beternak jangkrik ialah:
  • Tidak membutuhkan daerah yg terlalu luas.
  • Pemeliharaannya relatif mudah.
  • Pakannya murah & banyak tersedia.
  • Pemasarannya mudah.
  • Keuntungan yg diperoleh relatif besar.
  • Dapat dipakai sebagai kerja sambilan.
Beternak jangkrik sanggup dilakukan oleh siapa saja, bahkan sanggup dijadikan hobi yg mengasyikkan sekaligus menambah pendapatan. Beternak jangkrik sanggup dilakukan oleh seorang wirausahawan, pelajar, pegawai, & para pensiunan.

Potensi Pasar
Kebutuhan jangkrik sangat tinggi seiring dengan perkembangan zaman & ilmu pengetahuan serta perubahan2 gaya hidup. Pekhasiatan jangkrik sebagai pakan binatang piaraan, binatang ternak, bahan2 obat-obatan, & bahan2 kosmetik telah menyediakan peluang bagi peternak jangkrik untuk sanggup terus berkembang.

Pemasaran jangkrik, baik pada skala rumah tangga maupun skala perjuangan menengah, sangat gampang alasannya ialah hampir setiap pasar burung memerlukan jangkrik. Harga jangkrik cukup baik, bervariasi mulai harga Rp 35,00 - 40,00 per ekor; khusus untuk jeliteng jantan harganya sanggup mencapai Rp 500,00 per ekor.
Pada jumlah besar, penjualan jangkrik sanggup dikelola bersama dalam bentuk koperasi yg menjalin kerjasama dengan para pedagang pakan ternak & industri kosmetik serta obat-obatan di Indonesia
Pada skala ekspor, harga jangkrik berkisar antara Rp 1.000,00 per ekor untuk Singapura & Rp 1.800,00 per ekor untuk Amerika.

Selain diproduksi dalam bentuk jangkrik, sanggup juga diproduksi dalam bentuk telur alasannya ialah undangan telur jangkrik untuk peternak lain juga cukup besar.
Memerhatikan kegunaan jangkrik yg cukup variatif & undangan pasar yg besar, sanggup dikatakan bahwa masih terbuka lebar peluang perjuangan beternak jangkrik di Indonesia