Latest News

Cara Mengatasi Hama Ulat Pada Bayam

Hai sobat petani, kalau Anda telah menanam bayam & membudidayakannya, maka salah satu hama yg paling banyak menyerang bayam Anda ialah ulat. Akibat yg ditimbulkan dari ulat-ulat tersebut sangatlah buruk, dimana daun bayam yg digerogoti akan menjadi rusak.
 
Daun bayam rusak lantaran ulat
Jika hama ulat tidak segera dicegah & diatasi, maka kemungkinan yg lebih jelek akan terjadi. Bisa-bisa, Anda hanya akan meman&gi flora bayam Anda, yg sudah tidak bisa, dijual lagi akhir kerusakan yg semakin parah.

Nah, kalau demikian siapa yg rugi? Ya terang Anda, alasannya yakni Anda tidak bisa, mendapat hasil dari jerih payah Anda dari bayam yg Anda budidayakan sendiri. Oleh alasannya yakni itulah Anda perlu mengetahui cara mengatasi hama ulat pada bayam, biar kerugian tersebut bisa, teratasi.

Baiklah, tak panjang lebar lagi inilah cara mengatasi ulat di daun bayam.

1. Siapkan pestisida

Untuk membunuh & mengusir ulat pada bayam, kita perlu pestisida biar karenanya maksimal. Sebenarnya penanganan secara organik sih berdasarkan saya lebih bagus. Cuman lantaran saya belum tahu caranya, maka kita gunakan pestisida kimia dulu. Nah, pestisida yg sering saya pakai ialah marshal 200EC menyerupai pada gambar di bawah.
 

Pestisida ini harganya hanya 13 ribuan di kawasan aku. Isi higienis 100 ml, & bisa, digunakan berkali-kali kok!

2. Siapkan peralatan penyemprotan

Yang kedua ialah siapkan peralatan penyemprotan hama. Tapi saya tidak mau tahu apakah Anda beli sendiri / meminjam kepada tetangga Anda he he he...

Ada dua jenis peralatan penyemprotan ini. Ada yg berbahan2 plastik, ada juga yg berbahan2 stainlees. Yang terang semua sama saja asalkan Anda mengetahui cara memakainya. Kalau saya sih menggunakan yg stainlees saja, kebetulan hanya itu yg saya miliki.

 

Alat penyemprotan inilah yg akan kita gunakan untuk menyemprotkan pestisida ke daun-daun bayam biar karenanya merata.

3. Pengisian air ke dalam peralatan penyemprotan

Sekarang silahkan isi tangki penyemprotan hama Anda dengan air higienis hingga hampir penuh. Tapi ingat ya, jangan hingga penuh. Setelah itu masukkan satu setengah tutup kecil botol marshal ke dalam peralatan penyemprotan tadi.
 

Tunggu sekitar 30 detik, biar pestisida menyebar & tercampur merata dengan air. Nah, sehabis itu silahkan tambahkan air ke dalam peralatan penyemprotan tadi hingga penuh. Selanjutnya tutuplah lubang pengisian air pada tangki penyemprotan Anda dengan rapat, & kocok-kocok tangki tersebut biar pestisida sanggup tercampur dengan semua air.

Lakukan penyemprotan untuk pengetesan. Jika air yg keluar telah berwarna putih, berarti Anda tinggal melaksanakan penyemprotan.

Tips sebelum menyemprot flora :

-Gunakan celana panjang, baju lengan panjang & sepatu booth
-Gunakan masker & kalau diharapkan epilog muka & kepala

Ingat, pestisida ini juga sanggup meracuni insan lewat mulut, pernapasan & pori-pori kulit. Oleh lantaran itulah Anda harus waspada.

4. Penyemprotan

Nah, sehabis persiapan-persiapan telah komplit, sekarang saatnya untuk "take action". Maaf ya sahabat, kan petani juga boleh dong pakai bahasa gaul he he.. Oke, selanjutnya basmi seluruh hama pada bayam Anda dengan menyemprot daun serta batangnya hingga merata.
 

Intinya kalau daun bayam sudah terlihat basah, berarti pohon bayam tersebut sudah cukup diberi pestisi&ya. Pindah pada bayam-bayam yg lainnya, hingga penyemprotan ini selesai.

O iya, cara ini bukan hanya untuk membunuh saja lo sahabat, tapi juga membunuh hama bayam lainnya menyerupai belalang, rerespo & masih banyak lagi.

Sekarang, selamat bereksperimen! Dan cukup sekian dulu goresan pena saya perihal cara mengatasi hama ulat pada bayam, semoga berkhasiat.. Salam pertanian..!