Latest News

Buah Ceplukan, Buah Liar Yang Elok Rasanya

Hai sahabat petani, Jika Anda tinggal di Desa & di wilayah pertanian, niscaya Anda telah mengetahui buah ceplukan. Buah ceplukan ini yaitu buah yg tumbuh liar di semak-semak, / bercampur rumput-rumput liar lainnya. Entah apa nama latinnya, yg terang dalam bahasa jawa ceplukan namanya.


Dulu waktu kecil, buah ini yaitu favorit saya & teman-teman. Saat bermain, memancing, berburu burung & mandi-mandi di sungai, maka buah ceplukan pun bisa, dijadikan makanan alternatif dikala kami jauh dari rumah.

Jika Anda belum pernah mencobanya, saya yakin Anda akan pribadi menyukainya dikala pertama mencicipinya. Sebab buah ceplukan mempunyai rasa yg manis & berbeda dengan buah-buah lainnya.

Pohon buah ceplukan juga berbeda dengan pohon-pohon lainnya. Tidak menyerupai rumput, tidak juga menyerupai kayu. Warnanya putih kehijauan, gampang patah, tinggi hanya kurang lbih 1 meter, yg terang hampir tidak ada tanaman yg menyamainya.

Untuk buahnya, ceplukan terbungkus rapi oleh kulit pembungkus yg terlihat cantik.


Nah, untuk memakannya, kita harus membuka kulit pembungkusnya terlebih dahulu. Dan yg dimakan ialah, buah berbentuk bundar berwarna kuning (jika matang), yg berukuran sebesar ujung kelingking jari orang remaja di dalam pembungkus tadi. Lihat gambar di bawah ini.


Setelah dikupas, Anda bisa, pribadi memakannya. Anda tidak perlu khawatir terhadap bijinya. Sebab buah unik ini mempunyai biji yg sangat kecil-kecil yg tentunya kondusif untuk dikonsumsi. Lihatlah buah ceplukan yg telah saya kupas & saya kumpulkan.


Terlihat menggemaskan bukan? Makanya tak heran, banyak yg ingin mencobanya dikala pertama melihatnya. Apa lagi jikalau telah mencobanya, niscaya bawaannya ingin nambah terus.

Bagi Anda yg suka berpetualang di kebun-kebun / di hutan, maka jikalau menemukan buah ceplukan, Anda bisa, menjadikannya cemilan untuk mengisi kekosongan perut Anda. Buah ceplukan banyak tumbuh di Indonesia. Dan Anda jangan khawatir. Buah ceplukan tidak beracun kok. Sebab banyak yg telah memakannya, termasuk saya sendiri.

Waduh, sangat disaygkan sekali, mungkin cukup sekian goresan pena ihwal buah ceplukan, buah liar yg manis rasanya, Mudah-mudahan mempunyai kegunaan bagi Anda. Terima kasih..