Latest News

Biasakan Menciptakan Benih Tanaman Sendiri Dan Menyimpannya

Hai sahabat petani, sebagai seorang petani yg menanam banyak sekali sayuran, kita harus membiasakan untuk buat sendiri benih dari banyak sekali sayuran tersebut. Sebab, yg namanya benih itu niscaya dibutuhkan oleh petani kapan pun itu, untuk buat bibit & memperbarui tanaman yg telah tidak produktif lagi.

Keuntungan pertama buat benih sendiri ialah, tentu kita bisa, lebih menghemat lagi. Kita tidak perlu membelinya, alasannya yakni kita bisa, memperoleh benih tersebut dari sayur-mayur yg kita tanam sendiri. Sebagai contoh, kita menanam terong misalnya. Ya kita tinggal membiarkan buah dari terong tersebut menjadi tua, & kemudian mengambil bijinya.

Setelah biji-bijian kita peroleh, kita bisa, menyimpannya di tempat yg kondusif & membungkusnya berdasarkan jenis benihnya masing-masing. Mungkin, kita juga bisa, memberinya isyarat goresan pena untuk membedakan banyak sekali jenis benih. Misalnya benih terong ya kita masukkan di dalam plastik tersendiri & kita beri isyarat "terong". Begitu juga dengan benih koro, gambas & sayuran lainnya.



Keuntungan buat benih sendiri yg selanjutnya ialah, kalau benih tersebut telah kita simpan, maka sewaktu-waktu kita bisa, memakainya kalau perlu. Kan kita telah mempunyai banyak sekali benih, jadi tidak perlu lagi pusing kalau sekamuinya terjadi kekosongan benih, dari sayur tertentu di toko pertanian.

Bahkan, ketika terjadi kelangkaan benih sayuran tertentu di tempat kita, maka kita masih mempunyai ca&gan benih yg bisa, dipakai untuk untuk mengatasi kelangkaan itu. Misalnya saja banyak petani yg tidak mempunyai benih sayur koro. Nah, kita bisa, menanamnya sendiri, & memperbanyak tanaman koro kita.

Di sinilah manfaatnya bagi kita, untuk menanam koro dari benih yg kita buat tadi. Sebab kalau hanya kita yg menanamnya, otomatis koro kita akan laku terjual akhir kurangnya saingan. Benar bukan?

Keuntungan buat benih sendiri yg selanjutnya ialah kita bisa, mendapat uang. Ya, benar sekali & itu bukan mustahil. Sebab kalau banyak benih yg kita buat, maka kita bisa, menjualnya kepada orang lain. Bukan hanya itu, tetapi benih yg kita semaikan pun bibitnya juga bisa, kita uangkan.

Banyak kok petani di Desa saya yg mendapat uang dari hasil menjual bibit buatan sendiri. Jadi, bagi Anda yg ingin mencobanya maka jangan ragu-ragu. Tapi, sebelumnya biasakan dulu mencar ilmu buat benih tanaman sendiri semenjak dini, biar di kemudian hari kita tidak repot kalau ingin buat bibit untuk dijual.

Saya rasa, mencar ilmu buat benih ialah sebuah keharusan kalau kita menjadi seorang petani. Dan berdasarkan aku, itu ialah ilmu dasar pokok yg harus dikuasai oleh petani. Jika dasarnya mengerti, saya yakin akan gampang untuk menguasai ilmu-ilmu selanjutnya ibarat pembibitan, penanaman & budidaya bermacam sayuran.

Nah sahabat, saya rasa cukup sekian goresan pena saya perihal "buat benih tanaman sendiri", semoga berguna bagi Anda. Jika berkenan mohon ditambahkan demi perbaikan artikel ini. Terima kasih...