Latest News

Pisang Barlin Sangat Jarang Terjangkit Hama/Penyakit

Hai sahabat petani, pisang ialah buah yg gampang dibudidayakan. Anda hanya perlu memindahkan tunas muda dari pisang, kemudian menanamnya, merawatnya dengan membersihkan rumput disekitarnya, & sesudah itu tinggal menunggu hasilnya. Tanpa perlu disemprot pestisida, pisang bisa, berbuah dengan baik.

Namun, ternyata tidak semua jenis pisang yg bisa, berbuah, selalu kondusif dari hama / penyakit. Dan sebagian jenis pisang akan terjangkit hama, sampai pohon-pohonya mati /pun buahnya menjadi rusak. Jika telah terjangkit penyakit yg saya sebut porongen, maka bawah umur pisang yg gres tumbuh pun juga akan terjangkit hama ini.

 

Pisang porongen sumber gamber : kembangpete.com
Nah, dari banyaknya jenis pisang yg gampang terjangkit hama, ada satu jenis pisang yg hampir bisa, dibilang jarang sekali berpenyakit. Pisang tersebut ialah pisang barlin namanya. Pohonnya kecil-kecil, begitu pun dengan buahnya yg juga kecil-kecil. Ketika mentahnya berwarna hijau muda, & dikala matang buahnya menjadi kuning.
 


Perlu Anda ketahui bahwa saya belum pernah mendapat penyakit pada pisang barlin ini. Baik penyakit yg menyerang pohon, / yg merusak buahnya (kecuali akhir kelalawar & tikus). Oleh alasannya ialah itulah saya berani buat artikel ini, yg menyampaikan bahwa pisang barlin, ialah pisang yg jarang terjangkit penyakit.


Bagusnya lagi, pisang ini gampang sekali tumbuh & menyesuaikan diri dengan banyak sekali tempat. Di tanah lembab /pun tanah yg sedikit berkerikil, pisang barlin bisa, tumbuh dengan baik. mungkin, di daerah kurang subur akan kuat terhadap buahnya. Namun itu tidak banyak perbedaanya.


Bagi Anda yg suka membudidayakan pisang, cobalah menanam pisang barlin di la&g Anda. Itu semoga Anda yakin atas apa yg saya katakan bahwa pisang barlin ini jarang terjangkit hama.


Namun pisang barlin juga mempunyai kekurangan. Pertama ialah buahnya yg kecil-kecil, sehingga harga jualnya pun murah. Kedua, pisang kecil ini hanya untuk dimakan begitu saja tanpa dilakukan pengolahan. Sebab, pisang ini mempunyai tekstur yg gampang lembek sehingga tidak terlalu lezat jikalau digoreng, direbus, dibentuk kolak / dijadikan makanan lainnya.


Meskipun demikian, Anda mesti ingat bahwa kelebihannya bakal menguntungkan bagi Anda. Dengan jarangnya terkena hama, serta cepatnya beranak pinak maka penghasilan barlin pun akan semakin besar Anda dapatkan.


Kaprikornus bagaimana? Sudah siap menanam pisang barlin? Saya harap Anda segera melakukannya semoga Anda cepat mendapat hasilnya.

Demikian goresan pena saya ihwal pisang barlin, semoga berguna bagi Anda. Jangan lupa baca juga "mengenal pisang kera / pisang hutan". Terima kasih...