Latest News

Mari Bertanya Dan Berguru Dari Petani Senior

Hai sobat petani, kalau Anda ingin menjadi petani yg sukses, maka salah satu caranya yaitu dengan banyak bertanya & mencar ilmu dari petani senior. Bagaimanapun, petani yg lebih dulu terjun bercocok tanam mempunyai ilmu yg lebih banyak dibanding kita yg gres saja mengenal perihal pertanian.

Kita, sebagai petani gres niscaya akan mengalami aneka macam kegagalan ketika bertani. Buktinya saja, ketika melaksanakan pembibitan terong untuk pertama kalinya, ternyata saya mengalami kegagalan. Tak satu pun benih yg saya semaikan bisa, tumbuh. Maka dari itulah, kita perlu bertanya & mencar ilmu dari petani yg berpengalaman menanam terong.

Ada banyak sekali hal-hal yg seharusnya kita tanyakan, / kita pelajari dari para petani ulung. Misalnya kita menanam jagung, kok risikonya kurang bagus? Atau kita mempunyai pohon nangka, kok buahnya selalu busuk? Oleh lantaran itulah jawaban-jawaban dari pertanyaan itu terka&g akan cepat kita dapatkan dari petani-petani yg senior.

Untuk menilai senior tidaknya seorang petani, tidak hanya dilihat dari segi umur. Sebab yg kita lihat yaitu seberapa usang ia bertani, & seberapa banyak ilmunya perihal seluk beluk di dunia pertanian. Jika memang mereka lebih banyak ilmunya, ya kita jangan sungkan-sungkan / gengsi untuk mencar ilmu dari mereka meskipun mereka jauh lebih muda dari kita.

Ingat, petani sukses bukanlah petani yg hanya mencar ilmu dari riset & kegagalan sendiri. Akan tetapi kebanyakan petani yg sukses yaitu mereka yg juga mau mencar ilmu dari pengalaman petani lain yg lebih dahulu sukses.

Untuk menyerap ilmu petani lain, seharusnya tidak hanya kepada satu orang saja. Sebab satu petani dengan petani yg lainnya, niscaya mempunyai pengalaman, ilmu & kelebihan masing-masing. Oleh lantaran itulah kita bisa, mempelajari semua ilmu mereka, kemudian membandingkannya & menerapkan mana yg terbaik diantara banyak pengalaman.

Misalnya saja untuk "menanam bayam peyek", tentu tidak semua petani mempunyai cara yg sama. Dan risikonya pun juga begitu, tidak ada yg sama. Pasti ada yg terbaik dari segi cara tanam & hasil panennya. Jadi, kita harus mencontoh & menerapkan "cara menanam bayam peyek" yg baik semoga kita berhasil.

Tidak hanya segi menanam, tapi dari perawatan sampai pemanenannya pun harus kita ketahui semuanya. Dan untuk mengetahui semua itu, jangan sungkan-sungkan tiba & menemui pak tani lainnya pribadi di la&g mereka, / sekedar bertanya secara pribadi di rumah mereka.

Tapi, alangkah baiknya kalau kita bertanya pribadi ke la&g mereka. Mengapa? Karena kita bisa, pribadi melihat bagaimana cara kerja mereka, & bagaimana hasil dari pekerjaan mereka. Itu lantaran sesuatu yg kita lihat, terka&g lebih gampang diingat & diikuti dari pada hanya sekedar mendengar.

Dan jangan lupa, sesudah kita bertanya, kita harus segera mempraktekkan tips-tips dari mereka, semoga kita cepat menjadi petani sukses menyerupai mereka.

Nah sahabat, cukup sekian dulu goresan pena saya perihal "mari bertanya & mencar ilmu dari petani senior. Semoga mempunyai kegunaan bagi Anda... Terima kasih telah menyempatkan singgah di blog sederhana ini...