Latest News

Tips Memilih, Sebelum Membeli Benih Tanaman

Jika Anda ingin bercocok tanam, pastilah membutuhkan benih untuk ditanam. Benih tersebut bisa, Anda dapatkan dari hasil pembuatan sendiri, / membelinya di toko pertanian. Jika Anda buatnya sendiri, niscaya telah tau kualitas tanaman yg dihasilkan dari benih tersebut. Tapi jikalau Anda ingin membeli benih untuk pertama kalinya, bisa, jadi Anda sempat mengalami kebingungan ketika memilihnya.

Dari kebingungan itulah, yg buat Anda memerlukan sebuah tips untuk menentukan benih yg baik. Apalagi banyaknya benih yg dijual di pasaran, serta banyaknya penjual yg ada, cukup buat pusing kepala Anda. Salah pilih, gagal panen resikonya. Jadi, mari lanjut membaca tips sebelum membeli benih di bawah ini.

Tips membeli benih

1. Bertanyalah kepada orang lain perihal jenis yg bagus


Dalam hal menentukan benih, langkah awal adalah bertanyalah dulu kepada orang yg lebih berpengalaman, perihal jenis benih apa yg bagus, untuk ditanam di tempat Anda. Biasanya di satu tempat dengan tempat lainnya, mempunyai keadaan tanah & iklim yg berbeda. Misalnya, Anda akan menanam terong. Kaprikornus Anda harus mengetahui dulu, mana terong yg hidup subur di tempat Anda. Apakah dari jenis Milano F1, Mustang F1, & lain-lain.

Untuk itulah pentingnya bertanya, supaya Anda mengetahui benih yg cocok di lahan Anda. Selain itu, dengan bertanya ini dibutuhkan Anda juga mendapat tanggapan perihal jenis benih apa yg akibatnya paling bagus, & pastinya sanggup menguntungkan bagi Anda. Baik menguntungkan dalam hal perawatan, / pun hasil penjualan yg bagus.

2. Bertanya kepada orang perihal merek/brand yg bagus


Jika sebelumnya Anda harus bertanya perihal jenisnya, kini saatnya Anda untuk bertanya kepada orang lain, perihal merek/brand benih yg manis berdasarkan mereka. Masalahnya, ternyata merek juga kuat terhadap kualitas tanaman yg dihasilkan. Entah pengaruhnya di mana, yg terperinci faktanya memang ada sedikit perbedaan.

Saya mengambil pola pada benih jagung manis. Meski pun sama-sama dari jenis Hibrida F1, tetapi beda produsen, beda pula hasilnya. Merek A buahnya besar, rasanya manis, tapi kulitnya tebal & terlihat tidak segar. Apabila direbus, tidak terlihat bagus. Sehingga buat orang enggan untuk membelinya. Se&gkan merek B, buahnya besar, rasanya manis, kulitnya agak tipis. Jika direbus, akibatnya manis & lebih laku kalau dijual, sebab disukai pembeli.

Dengan demikian, dari hasil analisa ini sanggup dikatakan bahwa merek satu tidak sama dengan merek lainnya. Oleh sebab itu, bertanya kepada orang lain perihal merek yg bagus, menjadi hal wajib yg harus Anda lakukan sebelum membelinya.

3. Bertanya kepada orang lain perihal tempat penjualan benih yg murah


Jika Anda telah mengetahui jenis benih & merek apa yg bagus, kini Anda harus bertanya kepada orang lain, di mana tempat penjualan benih, yg menjual dengan harga yg lebih murah.

Masalah harga, juga tak kalah pentingnya dengan yg lainnya. Sebab, jikalau Anda membeli benih dalam jumlah yg banyak, niscaya sisa uang dari selisih harga tersebut, akan bisa, untuk membeli benih yg lainnya. Menguntungkan bukan?

4. Lihat kemasan baik-baik


Saat Anda telah di toko pertanian, mintalah kepada penjaga toko untuk mengambilkan benih yg Anda cari. Kemudian perhatikanlah baik-baik kemasan benih tersebut. Yang perlu Anda teliti di sini adalah jenis, merek, & tanggal kadaluarsanya.

Jangan hingga Anda telah membelinya, ternyata benih tersebut telah kadaluarsa. Untuk merek & jenisnya, biasanya ada di depan kemasan. Tapi untuk tanggal kadaluarsanya, biasanya di belakang kemasan. Lihat baik-baik.

Kesimpulan akhir, sebelum membeli benih di toko pertanian, alangkah baiknya Anda bertanya kepada orang yg lebih berpengalaman terlebih dahulu. Yaitu perihal merek & jenis yg bagus, serta tempat penjualan yg memberi harga lebih murah. Setelah itu perhatikan kemasan untuk melihat merek & jenis yg sesuai harapan Anda, serta melihat tanggal kadaluarsa pada benih tersebut.

Semua itu untuk kebaikan Anda, supaya mendapat laba yg memuaskan dari hasil pertanian Anda. Cukup sekian goresan pena dari aku, salam sukses untuk Anda..