Latest News

Keistimewaan Ikan Koi

Tidak diragukan lagi kalau koi di samping mempunyai nilai perjuangan yg menggiurkan, juga menyihir pemiliknya betah berjam-jam menikmati keindahan warnanya & meman&g keanggunan tubuhnya.
Dalam buku The Lastest manual of Nishikigoi karya Takeo Kuroki, disebutkan ada 10 alasan kenapa orang Jepang tertarik dengan koi. Kesepuluh alasan tersebut yakni :

A. SEBAGAI KARYA SENI JEPANG
Koi yg berwarna-warni dilahirkan dari ikan mas berwarna hitam yg biasa untuk lauk lewat mutasi. Seperti halnya dengan ikan yg ada di luaran sana, kalau kelamin sudah matang maka koi akan kawin (memijah). Berkat ketekunan & keuletannya, orang-orang Jepang berhasil melahirkan koi-koi yg bermutu tinggi lebih manis & warna yg lebih indah melebihi kecantikan & keindahan induknya. Itulah suatu seni yg biasa dilakukan oleh orang Jepang.

B. JINAK DAN LEMAH LEMBUT
Dalam kehidupan koi tidak dikenal istilah pemimpin kelompok & tidak ada seekor pejantan bergairah yg mengganggu koi betina. Sebagai penghuni lama, koi tidak akan menyerang koi pendatang.

Koi juga jinak. Apabila pemiliknya se&g mengalami persoalan baik di kantor maupun dengan anggota keluarga, koi sanggup mencairkan situasi, koi bisa, diajak berckamu, koi juga bisa, memperlihatkan ketenangan & kenyamanan pemiliknya. Koi akan mengikuti / menghampiri pemiliknya ketika dipanggil.

C. IKAN SAMURAI
Disebut demikian lantaran koi dikenal sebagai ikan pemberani. Meski koi yakni ikan yg lemah lembut namun koi tidak takut terhadap apapun hingga mereka dibantai. Oleh alasannya itu, koi di Jepang disebut juga dengan ikan samurai.

Masa hidup koi umumnya hingga sekitar 70 tahun. Namun ada beberapa koi yg sanggup mencapai umur hingga 200 tahun. Karena usia hidupnya bisa, menyerupai burung bangau & kura-kura. Koi disebut juga dengan ikan pesta.

Koi, di samping sebagai ikan hias, juga sanggup dimakan sebagai hi&gan jamuan makan malam, lantaran dipercaya sanggup memperlihatkan keberuntungan & kesuksesan. Kabarnya di Jepang koi sanggup berenang mendaki air terjun, hal ini sanggup dianggap sebagai simbol kebangkitan.

Tidak diragukan lagi kalau koi di samping mempunyai nilai perjuangan yg menggiurkan Keistimewaan Ikan Koi


D. TIDAK MEMILIH-MILIH PERAWAT
Apabila masing-masing anggota keluarga mempunyai satu ekor koi & semuanya ditempatkan pada bak yg sama, baik ayah, ibu, sibungsu, / saudara lainnya akan merasa senang lantaran koi sanggup hidup berdampingan satu sama lain. Tidak saling menyerang & tidak sating menyakiti, karenanya akan memperlihatkan kesenangan pemiliknya. Mereka akan sama-sama merawat & menjaga koi kesaygannya. Dengan demikian, seluruh anggota keluarga akan merasa bertanggung jawab terhadap kebersihan bak & pakan koi.

E. MUDAH BERADAPTASI
Koi sanggup dengan gampang mengikuti keadaan dengan lingkungan barunya. Namun yg perlu di perhatikan pada dikala pemindahan, usahakan jangan hingga koi mengalami perubahan2 secara mendadak.

Para peminat biasanya akan merasa ragu memelihara koi lantaran tidak mempunyai tempat / pekarangan yg cukup. Anggapan ini keliru, lantaran koi tidak perlu tempat yg luas. Koi sanggup dipelihara pada lahan seluas 3x3 m2. Bahkan ada yg memelihara koi di balkon / di lantai atas. Yang perlu diperhatikan apabila tempat hidup (kolam) koi kecil maka air harus selalu diganti setiap hari.

F. TIDAK MEMILIH-MILIH PAKAN
Koi tidak pilih-pilih pakan. Koi sanggup mengonsumsi banyak sekali jenis pakan, baik yg berasal dari nabati (tumbuh-tanaman) / hewani menyerupai daging, ikan, cacing, bahkan roti sekalipun.

Namun demikian, untuk mendapat koi yg sehat dengan warna yg indah, koi perlu makanan tambahan2 berupa pakan buatan. Pakan buatan ini merupakan adonan banyak sekali bahan2 nabati & hewani ditambah vitamin. Pakan buatan memunyai imbas yg sangat besar untuk pertanaman warna ba& koi.
Pakan alami yg diharapkan koi selain pakan tambahan2 yakni siput, cacing, kepiting, u&g-u&gan. Perbandingan pakan nabati & hewani berkisar 6 : 4.

G. MURAH DAN INDAH
Memelihara koi itu mudah, semudah mendapatkannya. Seekor koi yg gres menetas hanya dijual sekita 5 / 6 yen (Rp.500), se&gkan yg lebih besar antara 100 hingga 1.000 yen. Namun demikian, apabila kita pkamui menentukan koi yg bagus, dalam waktu singkat kita akan sanggup menikmati keindahannya, hal ini disebabkan lantaran memijahkan & memelihara koi sangat mudah.

Bukan hal yg tidak mungkin suatu dikala koi yg dipelihara dengan baik akan memenangkan kontes. Koi yg memenangkan kontes di Jepang bisa, terjual dengan harga lebih dari 10 juta yen / sekitar 120 juta.
H. POLA WARNA BERAGAM
Keanekaragaman warna yg dimiliki koi akan menjadi pujian tersendiri bagi pemiliknya. Warna-warni koi yg berseliweran di dalam bak buat orang betah berlama-lama meman&ginya, menikmati keindahannya. Corak warna koi bervariasi seiring dengan perkembangan masa & musim.

I. TEMAN SEUMUR HIDUP
Sekitar 25 tahun yg lalu, sangatlah sulit mempertahankan hidup koi di kawasan empat musim. Memasuki isu terkini masbodoh biasanya koi banyak yg tumbang lantaran tidak tahan dengan a&ya perubahan2 suhu yg mencapai beberapa derajat di bawah nol. Koi gampang mati sehingga tidak sanggup dijadikan binatang peliharaan yg bisa, bertahan sepanjang waktu.

Banyak di antara para pemelihara koi berusaha mempelajari semoga koi mereka bisa, bertahan hidup. Beberapa persoalan yg sulit diatasi mereka pelajari sehingga kesudahannya mereka bisa, memelihara & mempertahankannya tetap hidup.

Usaha yg serius pada pembudidayaan koi memungkinkan kita untuk mempunyai koi yg berumur panjang. Kita bisa, mengakibatkan koi sebagai teman setia sepanjang hidup. Kuncinya yakni membersihkan bak menyerupai menjaga kebersihan lingkungan, & merawat koi sebaik merawat diri sendiri.

J. RAJA IKAN HIAS AIR TAWAR
Koi merupakan ikan hias air tawar terbesar & merupakan ikan bergengsi. Kepalanya besar dihiasi sepasang kumis. Mereka berenang bagaikan seorang raja & sesekali akan melompat keluar air memamerkan sosoknya yg indah menawan. Koi yakni raja ikan hias air tawar. Jika seseorang menempatkan koi di bak tamannya, mereka akan dapatkan kesuksesan yg besar.

Koi tumbuh sangat pesat. Sebagai gambaran, pada tahun pertama koi akan tumbuh berkisar antara 10-20 cm, untuk tahun kedua 24 - 30 cm, & pada tahun ketiganya sekitar 37 - 40 cm. Andaikan dipelihara terus dengan baik, pada tahun kelima panjangnya bisa,-bisa, mencapai 45 - 50 cm, & hingga pada tahun kesepuluh mencapai 55 -70 cm.