Latest News

Syarat Penentuan Lokasi Budidaya Gurami

Seperti halnya akal daya yg lain, akal daya ikan gurami juga harus memperhatikan lokasi yg akan digunakan. Memang untuk jenis perjuangan perikanan, peternak bisa, menggunakan lahan di manapun yg mereka miliki / sukai, tetapi sebetulnya lokasi sanggup menentukan hasil & kelangsungan usahanya. Apabila sahabat menginginkan hasil perjuangan akal daya ikan gurami yg mempunyai laba maksimal, tentu saja sahabat juga harus menentukan lokasi yg memenuhi syarat-syarat berikut:

 akal daya ikan gurami juga harus memperhatikan lokasi yg akan dipakai Syarat Penentuan Lokasi Budidaya Gurami

  1. Lokasi untuk akal daya gurami sebaiknya di daerah dataran rendah / pada ketinggian 0 - 800 m dpi.
  2. Perhatikan kuantitas & kualitas air. Air yg baik yaitu air yg tidak terkotori oleh cemaran kimia. Sebaiknya kualitas air yg dipakai untuk perjuangan ini yaitu air yg tenang, higienis (gurami tidak menyukai air yg kotor), dasar bak tidak berlumpur, kekeruhan air hanya 40 cm dari permukaan, tidak terkotori bahan2 kimia beracun & limbah (kadar NH3 tidak lebih dari 0,02%), & kemasan air (pH) sebaiknya 6,5-8. Untuk menaikkan pH yg berada di bawah 6,5 sanggup dilakukan pengapuran dengan CaCO3. Se&gkan untuk menurunkan pH diatas 8 sanggup dilakukan pemupukan dengan pupuk kan&g.
  3. Tanah yg dipakai untuk bak cukup mengandung humus & tidak berporus. Tanah yg tidak mempunyai porus sanggup menahan massa air yg besar & tidak bocor. Tanah yg sangat cocok dipakai untuk buat bak gurami secara konvensional adalah tanah liat berpasir. Perbandingan antara tanah liat & pasir yaitu 60%:40%.
  4. Perhatikan kemiringan tanah. Kemiringan tanah yg baik adalah 3%-5%. Hal ini untuk memudahkan pengairan bak secara gravitasi. Dengan kemiringan menyerupai ini akan buat daerah bak akal daya yg bebas banjir & pencemaran lingkungan.
  5. Suhu daerah bak sebaiknya 25-30 derajad selsius. Perubahan2 suhu yg ekstrem sanggup berakibat jelek terhadap ikan yg berada di dalam kolam. Bahkan, pada suhu lebih dari 30 derajad selsius bening gurami akan mati. Perubahan2 suhu juga sanggup mengakibatkan hilangnya nafsu makan ikan sehingga sanggup mengurangi bobot ikan. Batas optimum suhu sangat bergantung pada pH, kandungan oksigen, & faktor lain menyerupai cuaca, ketinggian tempat, & ke dalaman air.
  6. Perhatikan sisa pakan yg terdapat pada kolam. Sisa pakan berlebih sanggup menimbulkan amoniak. Pada pH tinggi, amoniak akan berkembang menjadi racun. Racun tersebut sanggup mengakibatkan insang rusak. pada konsentrasi 0,08 mg/l akan mengakibatkan nafsu makan ikan & pertanaman terhambat. Parahnya lagi, ikan sering mati pada konsentrasi tersebut.
  7. Untuk mengatasi perubahan2 suhu ini, pada akal daya bak terpal sebaiknya ditebarkan sekam pada serpihan bawah terpal.
  8. Kadar oksigen tidak kuat terhadap kehidupan gurami. Ikan ini mempunyai labirin yg berfungsi untuk mengambil udara. Namun, alangkah lebih baik kalau oksigen di dalam bak tidak kurang dari 2 ppm / 2 mg/liter.
  9. Jika perlu, Anda juga harus menyiapkan lahan yg mempunyai kanal jalan yg mudah. Hal ini diharapkan supaya proses transportasi lebih lancar & memudahkan dalam pemenuhan kebutuhan sarana prasarana.