Latest News

Bunga Pertama Buah Naga Saya

Alhamdulillah, Tidak terasa sudah 10 bulan usia buah naga saya semenjak pertama kali ditanam September 2017 lalu. 

Di usia yg sudah tidak mengecewakan bau tanah ini, hari ini, 4 Juli 2018 sudah ada .bunga pertama yg mulai mekar. Lihat deh.. :)


Bukan hanya .bunga pertama, ini juga menjadi .bunga satu-satunya yg gres muncul hehe..

Sebenarnya jikalau dilihat dari usianya, seharusnya buah naga saya ini sudah mulai berbuah semuanya. Karena jikalau dirawat dengan baik umur 7 bulan saja buah naga sudah bisa, panen.

Bahkan punya orang lain saja yg ditanam belakangan sudah duluan panen dibanding buah naga aku. Weleh,,

Kenapa buah naga saya lambat berbuah?

Karena semenjak awal saya salah dalam tehnik menanam. Selain itu, saya kurang merawatnya dengan baik. Harusnya dipupuk rutin 15 hari sekali, saya malah jarang-jarang memupuknya.. hingga berbulan-bulan gres dipupuk lagi.

Rumputnya pun yg seharusnya dibersihkan rutin, ini  malah saya biarkan mengotori di sekitaran buah naga. 

Yang namanya rumput itu kan gulma pengganggu. Kalau mengotori buah naga efeknya akan sangat luar biasa dalam mempengaruhi pertanaman buah naga itu sendiri.

Selain ia akan menjalar & menutupi buah naga dari sinar matahari, rumput juga merampok pupuk yan seharusnya diserap oleh buah naga. 

Sehingga kesudahannya pun buah naga saya menjadi lambat pertanamannya, & lambat pula berbuahnya.

Tapi Alhamdulillahm, sesudah beberapa bulan terakhir ini saya pupukrutin & saya bersihkan rumputnya, kini mulai menawarkan sinyal positif.

Cabangnya sudah mulai menjalar, & bahkan sudah ada yg ber.bunga kan? Lihat videonya juga boleh..


Mudah-mudahan dengan munculnya .bunga pertama buah naga ini akan menulari pohon-pohon buah naga lainnya untuk berbuah juga. Aamin..

Tips singkat Menanam Buah Naga

1. Piliha bibit yg terbaik, tidak terlalu tua, tidak terlalu muda
2. Tiang harus kuat, baik kayu hidup, / kayu mati, / semen
3. Dipupuk rutin 15 hari sekali menggunakan pupuk urea / ZA, dengan porsi 1 sendok makan per batang buah naga. Tambahkan juga pupuk NPK semoga lebih jos, dengan porsi 1 genggam orang dewasa  per batang buah naganya.
4. Rajin dibersihkan rumputnya. Baik disemprot / disabit
5. Kalau sudah bercabang banyak, pancing dengan pupuk mutiara & disemprot pakai Gkamusil per4ngsang buah

Mudah-mudahan kedepan saya bisa, menuliskan tips yg lebih komplit & berbobot ya hehe..

Ya sudah, teman petani, mungkin cuma ini saja curhat saya kali ini semoga ada khasiatnya :)