Latest News

Cara Penyerbukan Manual Bunga Buah Naga

Hai teman petani, biar buah naga yg kita tanam buahnya menjadi besar-besar, maka salah satu trik / cara yg bisa, kita terapkan yaitu dengan melaksanakan penyerbukan pada .bunganya ketika mekar. Penyerbukan, bisa, dikatakan juga mengawinkan .bunganya.

Biasanya kan jika tumbuhan jagung / yg lainnya penyerbukannya bisa, secara alami dengan dukungan serangga & angin. Itu sebab posisi kelamin jantannya berada di atas, se&gkan kelamin betina .bungannya ada di bawah. Seperti contohnya pada jagung.

Tapi beda halnya dengan .bunga buah naga. Posisi kelamin jantannya masuk ke dalam, se&gkan  betinanya menjorok keluar. Sehingga agak susah jika penyerbukannya lewat jalur alami oleh angin & serangga.

Nah, oleh sebab itulah, diharapkan campur tangan kita untuk melakukannya biar buah naga yg susah payah kita tanam kesannya jadi jos...


Waktu Yang Tepat Untuk Mengawinkan Bunga Buah Naga


Sekedar informasi, .bunga buah naga hanya mekar dalam waktu satu malam, & kemudian akan tertutup & menjadi layu ketika matahari mulai panas, / sekitar jam 10 pagi. Kaprikornus usahakan kawinkan .bunga buah naga di awal iya mekar, hingga dia sebelum menutup kembali. Sebab jika sudah mulai menutup, maka .bunga buah naga tidak bisa, dikawinkan lagi.

Oleh sebab itu, waktu yg sempurna untuk mengawinkannya yaitu ketika .bunga buah naga mulai mekar (sore hari), kemudian malam hari (sebelum Anda mengantuk), & subuh sekitar jam 4 hingga selesai. Itu jika Anda bisa, bangkit cepat ya hehe..

Kita harus segera mengawinkannya, jika jumlah buah naga yg kita tanam jumlahnya sangat banyak, contohnya hingga di atas 200 tiang.

Pupuk Buah naga untuk mencegar kerontokan, meningkatkan penghasilan. Klik Di sini

Sebab jika tidak segera dikawinkan, maka dikwawatirkan akan banyak .bunga yg tidak dikawinkan sebab sudah menjadi layu.

Tapi jika buah naga yg kita tanam cuma berjumlah puluhan pohon, ya tidak persoalan agak santai sedikit.


Cara Mengawinkan Bunga Buah Naga


Untuk melaksanakan penyerbukan / mengawinkan .bunga buah naga, caranya sangat mudah. Kita tinggal mengambil serbuk sari pada kelamin jantan .bunganya, & kemudian menaruhkan ke kelamin betinanya. Perhatikan gambar berikut




Untuk lebih jelasnya, Anda juga bisa, melihat video berikut ini..



Sobat petani, ada juga sebagian orang yg mengawinkan .bunga buah naga menggunakan kuas, kemudian serbuk sari jantannya dikuas-kuas & ditampung di peralatan (semacam sendok nasi), kemudian serbuk sari itu dituangkan ke dalam kelamin betinanya. Setelah itu .bunganya ditutup menggunakan plastik. Mungkin biar  serbuk sari tadi tidak terkena hujan...

Itu manis sih,,,

Tapi berdasarkan saya agak kurang efisien jika Buah naga yg kita tanam banyak sekali. Sebab akan membutuhkan waktu yg cukup usang untuk mengawinkannya.

Ya, tapi semuanya kembali kepada Anda. Mau ikut cara yg mana. Yang penting Anda bisa, menjalaninya, maka pakailah cara manapun Insya Allah kesannya bakalan baik..

Baca juga: Cara budidaya buah naga part 1

Nah, saya rasa artikel ini sudah hingga pada tahap akhir. Demikian tutorial wacana cara mengwinkan .bunga buah naga, semoga bisa, memberi khasiat untuk Anda. Terima kasih... :)