Latest News

Kapan Waktu Yang Baik Untuk Menanam Jagung?

Hai sahabat petani, kira-kira kapankah waktu yg baik untuk menanam jagung? Nah, tentunya pertanyaan ini akan sering ditanyakan oleh orang-orang yg belum pernah menanam jagung sebelumnya. Untuk itu, Insya Allah menurut sedikit pengalaman aku, maka saya akan membuatkan perihal hal ini.


Baiklah, waktu yg baik untuk menanam jagung yakni ketika berada pada ekspresi dominan penghujan, / jikalau diprediksi dari bulan Oktober hingga bulan maret setiap tahunnya. Mengapa pada ekspresi dominan penghujan? Sebab, pada ekspresi dominan ini curah hujan cukup banyak, sehingga kebutuhan jagung akan air selalu tercukupi setiap harinya.

Di ekspresi dominan hujan, tanah yg sebelumnya kering disulap menjadi basah, gembur & tentunya lebih subur. Oleh alasannya itulah, di ekspresi dominan ini jagung lebih gampang tumbuh, berkembang & juga lebih subur dibanding ketika menanam pada ekspresi dominan kemarau. Dan yg tak kalah penting lagi, ketika jagung mendapat banyak air maka buahnya pun akan menjadi besar & berkualitas.


Saat tanah selalu basah, pupuk yg diberikan untuk jagung pun akan gampang terserap oleh tanah. Jika begitu, akan gampang pula bagi jagung untuk menyerap pupuk yg diberikan. Nah, dengan demikian maka jagung pun akan menjadi lebih subur lagi, akhir perembesan pupuk yg optimal.

Keuntungan lain bagi petani ialah, ketika ekspresi dominan hujan mereka tidak perlu melaksanakan penyiraman terhadap jagung-jagung mereka. Ya, benar sekali, bahwa secara alami, hujan telah memenuhi kebutuhan air terhadap jagung. Beda halnya ketika kemarau, petani harus susah-payah untuk menyirami tanaman jagungnya.

Kalau kita menanam di daerah yg erat dengan sumber air, itu tidak masalah. Sebab kita bisa, menyiraminya dengan cara manual, / pun menggunakan mesin penyedot air yg mengambil air dari sumber air terdekat. Tapi, yg jadi hambatan yakni ketika kita menanam jagung di daerah yg sulit air, maka ini yakni salah satu ujian petani yg harus dihadapi.

Ya, memang harus diakui bahwa kemarau merupakan salah satu hambatan petani untuk bercocok tanam. Tapi, meskipun begitu jangan hingga Anda mengalah begitu saja untuk menanam jagung. Sebab, niscaya akan selalu ada cara untuk menyirami jagung kita di ekspresi dominan kemarau. Apakah dengan cara manual, modern, / menunggu hujan turun dari Sang Pencipta. 

Baiklah, demikian goresan pena saya perihal kapan waktu yg baik untuk menanam jagung? Semoga berkhasiat. Jika ada kekurangan, mohon ditambahkan melalui komentar. Terima kasih telah berkunjung...YA... :)