Latest News

Beberapa Sayuran Yang Paling Sehat, Bebas Pestisida Dan Materi Kimia

Mungkin Anda perlu mengetahui, bahwa pengaruh jelek dari pestisida sangatlah besar. Sebab, selain sanggup mencemari lingkungan, penggunaan pestisida pada sayuran, sanggup membahayakan insan termasuk aku, Anda / pun petani itu sendiri. Dan ancaman itu telah saya tulis di "bahaya pestisida bagi petani".




Nah, lantaran pestisida & bahan2 kimia lainnya tidak baik untuk kesehatan, untuk itulah Anda seharusnya pkamui-pkamui menentukan sayuran yg bebas pestisida & bahan2 kimia lainnya demi kesehatan Anda & keluarga Anda.

Namun sayg, fakta menyampaikan bahwa pada umumnya petani selalu menggunakan pestisida & bahan2 kimia lainnya untuk membudidayakan flora sayur mereka. Jadi, hampir semua sayuran yg ada di pasaran sudah tersentuh oleh racun hama, yg juga racun bagi manusia.

Namun demikian, Anda jangan khawatir dulu. Oleh lantaran itulah saya buat goresan pena ini, untuk memberitahukan kepada Anda, bahwa diantara sekian banyak sayuran, masih ada sayuran yg paling tidak lebih kondusif dari pestisida & bahan2 kimia lainnya.

Tentunya sayur yg akan saya beritahukan di bawah ini, merupakan sayuran yg paling umum dikonsumsi, & juga banyak di pasaran. Bahkan sayuran ini juga saya golongkan ke dalam "jenis sayuran yg gampang di budidayakan.

Baiklah, inilah sayuran yg paling sehat bebas pestisida

1. Daun ubi


Anda niscaya kenal kan dengan sayur ini? Ya, rasanya yg nikmat & banyak dijumpai di penjual sayur, itulah yg buat sayur ini terkenal. Bahkan di warung-warung makan & restoran pun, banyak dijumpai sajian kuliner dari daun ubi.

Nah, selain harganya juga murah, daun ubi sangat sehat. Sebab bebas dari pestisida & pupuk kimia. Saya tau, lantaran saya petani. Dan belum pernah saya melihat ada petani yg melaksanakan penyemprotan daun ubi / memupuknya. Itu lantaran daun ubi, tidak disukai hama.

2. Kangkung air


Yang selanjutnya ialah kangkung air. Ingat, kangkung air, bukan kangkung darat / kangkung cabut. Makara kangkung air ini tumbuhnya di rawa-rawa / di daerah yg basah. Ia bisa, tumbuh subur meskipun tanpa pupuk, asalkan itu tadi, tumbuh di daerah yg berair / lembab.

Kangkung air juga jarang disemprot (meskipun terka&g banyak diserang ulat). Sebab hanya dengan memetiknya setiap hari, ulat tidak sempat tumbuh & berkempang pada daun kangkung tersebut.

3. Paku/Pakis



Nah, yg ketiga ialah sayur paku / pakis. Sayur yg nikmat di tumis ini tidak pernah disemprot pestisida / pun dipupuk. Sebab daunnya tidak disukai ulat menyerupai daun ubi. Tumbuhnya pun secara liar di semak-semak, di pinggir kali bahkan di hutan. Oleh lantaran itulah pakis tidak perlu diberikan pupuk.

4. Bunga pisang/Jantung pisang




Bunga pisang / jantung pisang, ialah sayuran nomor empat yg bebas pestisida & pupuk kimia. Sebab sayur yg disebut "ontong" oleh orang Jawa ini, juga tidak memerlukan sentuhan pestisida, lantaran hampir tidak ada ulat yg mau merusaknya.

Jantung pisang juga sudah mulai banyak dijual di pasaran. Meskipun banyak yg tidak menyukainya, tapi kalau dimasak dengan cara yg benar & racikan bumbu yg baik, sayur ini perlu diperhitungkan untuk hi&gan keluarga Anda.

5. Genjer

Genjerrr.. Hem.. mendengar namanya saja, banyak yg pada mual. Sebab harus diakui, memang bagi pemula yg gres mencobanya, niscaya menyampaikan bahwa sayur ini tidak enak, pahit, getir, gatal di tenggorokan & terlalu lembek. Oleh lantaran itulah sayur ini tidak pernah terhi&g di meja makan sebagian orang.

Namun jangan dinilai dari rasanya saja. Tapi nilailah khasiat, & tentunya nilai kesehatan dari genjer, yg bebas bahan2 kimia. Ya, genjer hampir sama menyerupai kangkung air, bahwa tumbuhnya di rawa-rawa & di daerah berair. Kemudian tidak perlu disemprot / pun dipupuk. Jadi, sayur ini aman.

6. Rebung



Yang ke enam ialah rebung, / sayur bambu muda. Sayur ini juga sangat kondusif dari pestisida, & hampir kondusif dari pupuk kimia lainnya. Sebab rebung & bambunya biasa tumbuh di pinggir sungai, di hutan-hutan & tidak dilakukan perawatan pun bisa, hidup dengan subur.

Oleh lantaran itulah rebung tidak perlu dilakukan penyemprotan & pemupukan. Sekali-kali Anda harus mencoba sayur ini. Tidak sulit kok mendapatkannya, itu dikarenakan telah banyak dijual di pasaran dalam keadaan siap dimasak.

7. Nangka muda



Yang selanjutnya ialah nangka muda / tewel. Sayur ini juga banyak dijual di pasaran. Bahkan banyak dijual dalam keadaan sudah diiris-iris & sudah direbus. Artinya Anda tinggal membelinya, & memasaknya sesuai selera Anda.

Nah, nangka muda juga hampir bebas dari pestisida / pun pupuk kimia. Setau aku, jarang petani yg melaksanakan penyemprotan terhadap nangka muda. Meskipun mungkin ada satu / dua petani yg menyemprotnya, saya rasa tidak terlalu menghawatirkan, alasannya yakni kulit nangka itu sangat tebal. Sehingga resapan pestisida ke dalam dagingnya, tidak separah sayur lainnya yg berkulit tipis.

8. Kelor

1001 khasiat yg bisa, diambil dari daun kelor. Dan khasiat terbesarnya, tentunya ialah sanggup menyehatkan mansia. Selain khasiatnya yg sangat banyak, daun kelor sangat-sangat kondusif Anda konsumsi. Itu lantaran sayur ini juga bebas dari pestisida & pupuk kimia.

Memang terka&g agak sulit mendapat kelor di pasaran. Sebab, masih jarang yg membudidayakan kelor dengan tujuan untuk menghasilkan uang. Meskipun begitu, tetap ada saja beberapa pedagang yg menyediakan sayur ini di lapak mereka.

Para pembaca, dari sekian banyak pilihan sayuran yg sehat & bebas bahan2 kimia, tentunya Anda bisa, memilihnya untuk mengisi daftar sajian sayuran Anda setiap harinya. Atau paling tidak, Anda harus menyelingi sajian sayuran Anda, dengan sayuran sehat ini.

Itu semua semoga apa? Tentunya semoga Anda, keluarga Anda & kita semua tetap sehat. Demikian goresan pena saya perihal beberapa sayuran yg paling sehat, bebas pestisida & bahan2 kimia. Semoga berkhasiat. Terima kasih..