Latest News

Manfaat Bagian-Bagian Pepaya

Pepaya / yg dalam bahasa Jermannya ini populer dengan nama Kates maupun Ketela gantung yaitu merupakan sebuah flora yg seluruh organnya sanggup dipergunakan baik untuk insan maupun hewan.

Memang jikalau di Indonesia kegunaan Pepaya ini belum begitu lengkap bila dibandingkan di luar negeri. Sebab di luar negeri semuanya sanggup dipergunakan selain untuk kuliner juga sebagai obat-obatan. Misalnya saja :

1. Akarnya
Van der Burg sesudah mengadakan penyelidikan-penyelidikan ilmiahnya, maka menemukan khasiat dari akar Pe­paya. Akar pepaya ini sanggup dipergunakan untuk menyembuhkan penyakit ginjal, juga sangat mujarab untuk pengobatan kandungan kencing.

Van der Burg lebih lanjut menyampaikan bahwa cara-cara mempergunakan akar pepaya untuk obat itu yaitu sangat simpel sekali, yaitu dengan cara merendam akar pepaya tersebut di dalam air dingin. kemudian larutan dari rendaman akar tersebut diminum.

Selain Van der Burg, juga Kloppenburg Versteeg mengadakan penyelidikan yg menghasilkan inovasi bahwa akar pepaya yg direbus sanggup digunakan sebagai obat pembasmi cacing kremi. Selain itu juga Kloppenburg Versteeg telah mencoba & jadinya sangat memuaskan, yaitu akar dari pepaya gandul direndam dalam arak & kemudian dicampur dengan minyak kayu putih. Maka rendaman akar pe­paya ini sanggup dipergunakan sebagai obat luar untuk menyembuhkan sendi-sendi tulang yg sakit.

2. Batangnya
Pada tahun 1903 saat Yogyakarta di lkamu animo paceklik, batang pepaya ini sanggup dimakan oleh manusia.

Memang kuliner ini tidak begitu enak akan tetapi cukup buat digunakan sebagai bantalan perut & tidak membahayakan kesehatan insan yg memakannya. Adapun caranya yaitu batang pepaya itu diparut hingga halus & diperas air serta getahnya, hingga tinggal ampasnya saja. Ampas parutan batang pepaya ini kemudian dicampur dengan gula /pun garam, tinggal selera kita saja. Mau cantik / asin, kemudian ampas yg telah kita campur de­ngan gula / garam itu dapatlah kita makan. Makanan dari ampas batang pepaya ini, konon sanggup juga digunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa mual diperut. Terutama sekali orang yg sakit kembung, & akan mempermudah orang bisa, kentut.

3. Daun Pepaya
Khusus untuk daun pepaya ini memang berbagai kegunaannya. Daun pepaya yg masih muda, sesudah ditumbuk hingga halus & diperas, maka air hasil perasan itu sanggup diminum sebagai obat yg sangat mujarab buat orang yg berpenyakit malaria, panas /pun kejang perut. Kemudian jikalau untuk hewan, khususnya kuda. Apabila setiap ahad satu kali diberi minuman perasan daun pepaya muda akan sanggup menghindarkan kuda tersebut dari penyakit keremi, mulas /pun penggumpalan lendir. Kloppenburg pun menyampaikan jikalau perasan air daun pe­paya muda ini sanggup dipergunakan sebagai obat perangsang makan untuk bawah umur kecil yg kurang punya nafsu makan.

Pepaya / yg dalam bahasa Jermannya ini populer dengan nama Kates maupun Ketela gantu Manfaat Bagian-bagian Pepaya


Kemudian Profesor Wichmann yg mengadakan penyelidikan di Indonesia Timur menyampaikan bahwa daun pe­paya sanggup pula digunakan sebagai obat penyakit beri-beri. Lebih lanjut Prof. Wichmann mengingatkan, memang di In­donesia wacana kegunaan daun pepaya sebagai obat-obatan telah membudaya, namun janganlah terlalu banyak dalam memberikannya lantaran bukan tak mungkin bahwa pertolongan yg over takaran ini justru akan membahayakan buat si peminum.

Pernyataan dari Prof. Wichmann ini didukung pula oleh Greshoff yg menyampaikan bahwa daun pepaya ini banyak mengandung sejenis alkaloid yg sering disebut sebagai CARPAIN. Carpain ini sendiri memiliki sifat sanggup buat urat-urat jantung menjadi kejang. Selain itu semua memang daun pepaya muda itu sendiri sanggup dimakan sebagai adonan gado-gado /pun pecel. Se&gkan untuk mengurangi rasa pahitnya, sebaiknya jikalau merebus daun pepaya muda ini dicampur dengan daun ketela pohon.

4. Bunga Pepaya
Bunga pepaya gandul ini pun sanggup pula digunakan sebagai obat perangsang makan buat para anak kecil. Untuk menghilangkan rasa getar & pahitnya sebaiknya jikalau akan merebus .bunga pepaya ini dicampur dengan daun kuda-kudaan. Se­lain itu rebusan .bunga pepaya ini juga sanggup digunakan sebagai obat yg mujarab & manjur sekali buat penyakit kuning, untuk hal ini telah dibuktikan & diadakan percobaan-percobaan dilaboratorium. Se&gkan yg mengadakan penyelidikan yaitu Kloppenburg Versteeg.

5. Buah Pepaya Muda
Buah pepaya yg masih muda ini umumnya selalu digunakan sebagai makanan. Bisa digunakan sebagai adonan rujak, /pun dibentuk sayur-mayur untuk sobat makan nasi /pun dibentuk manisan & lain sebagainya. Apabila buah pepaya muda ini kita godog dengan gula, maka akan sanggup dipergunakan sebagai kuliner selingan sesudah makan siang /pun makan malam sebagai pencuci mulut.

6. Buah Pepaya Yang Telah Masak
Buah pepaya yg telah masak inilah tujuan utama dari para penanam pepaya. Sebab buah yg telah masak ini berbagai faedahnya

Sebagai buah yg memiliki daging iembik, ini sangat baik sekali buat orang-orang yg telah tak memiliki gigi. Hingga sanggup makan dengan damai & tak ada kesulitannya. Se&gkan untuk menjaga kesehatan, buah pepaya yg telah masak ini banyak mengandung vitamin A & ju­ga sedikit vitamin C.
Selain sebagai makanan, daging pepaya yg telah masak jikalau dipotong kecil-kecil & kemudian diberi sirup & es, maka akan sanggup dipergunakan sebagai minuman yg sangat segar di siang hari yg panas. Singkatnya saja jikalau kita pan&g dari segi gizi, maka buah pepaya ini merupakan sebuah obyek yg penting untuk dimasukkan ke dalam kurikulum perbaikan gizi bawah umur /pun orang dewasa. Akan tetapi juga harus ingat, bahwa walaupun buah pepaya ini lembek & enak rasanya, akan tetapi buat sebagian orang yg berpenyakit maag /pun berpenyakit bengek jangan terlalu banyak makan buah ini. Sebab perut akan menjadi cuek & sanggup buat penyakit-penyakit tersebut kambuh lagi.

7. Papaine
Adapun khasiat papaine ini yaitu bisa, buat daging yg keras menjadi empuk. Misalkan saja kita akan mem­buat sate kambing /pun gule kambing, sebaiknya sebelum daging yg keras itu dipotong-potong, terlebih dahulu dibungkus oleh daun pepaya selama 2 jam. Nanti jikalau di­potong & di makan akan terasa empuk sekali. Selain itu jikalau di luar negeri, papaine ini merupakan se­buah bahan2 sampingan dari bahan2-bahan2 lain untuk perusahaan penyamakan kulit. Juga berkhasiat untuk menghilangkan getah yg masih menempel pada sutra alam.

8. Konserven Industri & Pepaya
Karena buah pepaya yg memiliki sifat lembek ini tidak sanggup bertahan lama. Maka untuk mempertahankan buah yg enak ini orang mulai memutar otak untuk mengawetkannya. Setelah ada kemajuan tehnik, buah pepaya yg lembek & besar itu kemudian sanggup diawetkan dengan cara mengupas & memotongnya kecil-kecil dengan bentuk kubus. Kemudian buah tersebut dicampur dengan air gula yg cantik sekali & dimasukkan ke dalam kaleng yg telah disterilkan.

Dengan a&ya perjuangan pengalengan inilah maka buah pepaya sanggup bertahan hingga usang & tetap digemari oleh para peminatnya.

9. Biji Pepaya
Biasanya orang Indonesia selalu membuang biji pepaya, / bila ada yg mengumpulkan lantaran akan digunakan sebagai bibit. Namun tidak demikian bagi orang-orang yg terlahir di kawasan Barat, lantaran biji pepaya ini banyak mengandung khasiat yg sangat ampuh dalam obat-obatan.

Menurut Kloppenburg Versteeg di dalam penyelidikannya, biji pepaya yg telah ditumbuk halus & kemudian dicam­pur dengan cuka dengan larutan se&g. Ini yaitu merupakan obat yg mujarab sekali buat orang yg terjangkit penyakit masuk angin. Sebab orang itu akan sanggup mengeluarkan peluh dengan banyak & aman.

Kemudian Van der Burg juga mengulas biji pepaya ini sebagai obat-obatan yg mujarab sekali. Yaitu orang yg ter­serang penyakit cacingan sanggup diobati dengan jalan makan / paling tidak menelan biji-biji pepaya. Pendapat Van der Burg ini pun dibenarkan oleh Kloppenburg Versteeg & Ridley, akan tetapi Kloppenburg Versteeg ini juga memperingatkan supaya orang yg se&g mengandung terutama se­kali buat mereka yg se&g mengandung muda jangan sekali-kali menelan biji-biji pepaya lantaran akan sanggup menjadikan keguguran kandungan.

Orang yg keguguran akhir menelan / memakan biji-biji pepaya ini biasanya akan sulit mengandung lagi. Karena a&ya pengeringan rahim akhir dari masuknya papaine ke rahim.

Karena ancaman yg amat besar inilah maka Kloppenburg memperingatkan dengan keras kepada mereka yg mengandung muda, jikalau akan makan pepaya hendaknya da­pat dengan teliti menghilangkan isi-isinya dulu