Latest News

Syarat Menciptakan Kan&G Kambing Etawa

Dalam melaksanakan kegiatan beternak kambing Etawa tentu akan muncul kasus kawasan memeliharanya, yaitu kan&g. Secara umum, kan&g kambing Etawa mempunyai fungsi yg serupa dengan rumah / merupakan kawasan untuk tinggal bagi ternak. Oleh karenanya, dalam buat kan&g harus teliti & serius supaya menjadi nyaman bagi kambing.

Pada prinsipnya buat kan&g Etawa mempunyai tujuan supaya kambing Etawa nyaman & bisa, bereproduksi secara normal. Dalam membangun kan&g kambing Etawa hendaknya mempunyai beberapa syarat fungsi sebagai berikut.
  1. Tempat aktivitas
    Kan&g ialah kawasan acara kambing, ibarat makan, tidur, kencing, minum, & sebagainya.

  2. Tempat berlindung
    Kan&g harus bisa, menjamin kambing tidak kepanasan, kehujanan, serta tidak terkena terpaan angin.

  3. Tempat berlindung dari pemangsa / binatang pengganggu lainnya.

  4. Mencegah supaya kambing tidak liar.
    Kan&g akan membatasi ruang gerak kambing Etawa supaya tidak liar & memakan serta merusak tumbuhan di sekitarnya

  5. Digunakan untuk pengawasan & penjagaan ternak.
    Kan&g kambing Etawa biasanya dibentuk berpanggung dengan tujuan air kencing & kotoran bisa, jatuh ke bawah melalui sela lantai panggung (tataban). Kan&g harus dibentuk model panggung alasannya yaitu kotoran & air kencing akan mengganggu kesehatan ternak jikalau bersentuhan pribadi dengan kaki kambing. Lantai bawah panggung berfungsi sebagai kawasan mengumpulkan kotoran kambing yg bisa, dipakai menjadi pupuk. Peternak yg sudah maju biasanya buat lantai ini dengan disemen & dibentuk kemiringan supaya kotoran gampang mengumpul. Ada juga yg didesain untuk mengumpulkan air kencing kambing sebagai pupuk. 

Dalam melaksanakan kegiatan beternak kambing Etawa tentu akan muncul kasus kawasan memelih Syarat Membuat Kan&g Kambing Etawa


Lokasi kan&g kambing Etawa sebaiknya tidak terlalu erat dengan pemukiman. Apabila terpaksa, apa boleh buat, bisa, dibangun di pekarangan dengan catatan harus rajin membersihkan & dengan sanitasi kan&g yg baik, sehingga tidak menjadikan wangi yg mengganggu. Jika membangun dengan tujuan untuk memelihara dalam jumlah banyak, harus diperhitungkan lebih matang. Untuk skala pemeliharaan dalam jumlah kecil di bawah sepuluh ekor kan&gnya bisa, sederhana & biayanya murah.

Luas kan&g Etawa memang harus dibatasi sesuai kebutuhan gerak. Ruang gerak yg berlebihan, akhir ruang yg terlalu luas, merangsang kambing aktif bergerak yg bisa, berakibat pertanamannya lambat.
Mengapa kan&g Etawa harus disekat? Membuat kan&g kambing Etawa memang harus disekat & dipisahkan antara kambing satu dengan lainnya, khususnya pada Etawa pejantan. Setiap sekat diisi seekor kambing. Pada dasarnya, kambing Etawa mempunyai sifat suka bertarung. Jika disatukan (tanpa sekat), akan saling beradu kepala. Apalagi jikalau yg berada di satu ruang itu bukan kambing dari satu induk.

Perlu diingat pula, lokasi kan&g jangan yg terlalu banyak angin. Etawa gampang kembung, bila terlalu banyak kena angin. Bila terkena tiupan angin kencang, gampang terjangkit kembung. Meski demikian, kan&g harus mempunyai ventilasi yg baik.