Latest News

Tips Membeli Kambing Etawa

Sobat-sobat semua / peternak diluaran sana tentu akan menyiapkan calon indukan yg cantik & berkualitas kalau ingin ternak kambingnya sukses. Harapannya yaitu supaya anak kambing yg akan dihasilkan nanti sesuai keinginan. Walaupun nantinya terpaksa tidak sesuai dengan keinginan, mungkin hanya sekadar contoh warna kambingnya. Dari sekumpulan pengalaman para peternak, biasanya mengacu beberapa faktor yg sanggup dijadikan sebagai pemikiran supaya kambing yg akan dibeli nantinya sanggup menjadi sebagai indukan yg bagus, & tips membeli kambing etawa ini Pak Kirun bagi menjadi 3 bagian.

Faktor pejantan memang mempunyai peranan mayoritas di dalam perjuangan pengembangbiakan kambing Etawa. Pejantan Etawa umumnya mempunyai gen yg sangat mayoritas pada anak turunnya, bahkan hingga 60 - 70 %. Selebihnya biasanya mengikuti gen dari induk betina pada kambing. Hal-hal dasar yg perlu dicermati yaitu sebagai berikut:
  • Pola warna kambing Etawa
    Biasanya, kambing Etawa mempunyai contoh warna yg majemuk ibarat putih, hitam, cokelat, se&g kebanyakannya mempunyai warna paduan antara putih hitam / cokelat putih, se&gkan tren contoh warna paling banyak digemari ketika ini yaitu pola dasar ba& putih dengan contoh warna kepala hitam legam.
  • Pola pendengaran & kepala yg bagus
    Pola pendengaran yg cantik yaitu pendengaran yg panjang (minimal sekitar 30 cm), jatuh lemas ke bawah, & tidak mempunyai pangkal pendengaran yg menonjol ke luar. Semakin panjang pendengaran sanggup dikatakan semakin cantik pula kualitas si Kambing. Jadi, dari samping kepala kambing eksklusif ke bawah. Untuk melihat dari huruf kepala, kambing yg cantik yaitu kambing yg mempunyai kepala yg sedikit jenong (dalam bahasa Jawa) / menonjol mendekati bentuk bundar kalau dilihat dari samping. Dan jangan lupa, biasanya juga kambing yg cantik mempunyai rahang verbal yg kuat.
  • Pola tubuh
    Untuk contoh badan terang si Kambing harus mempunyai tulang-tulang yg besar, berpengaruh & kokoh. Ibarat pepatah menyampaikan "Besar identik dengan kuat" (Lohh mana pepatahnya?? hehe). Semakin besar tulang yg ada pada si kambing berarti semakin besar pula peluang kambing tersebut untuk sanggup tumbuh menjadi kambing yg besar & sehat. 

sobat semua / peternak diluaran sana tentu akan menyiapkan calon indukan yg cantik & Tips Membeli Kambing Etawa

Beberapa cara tersebut merupakan langkah gampang buat teman untuk memperkecil risiko kalau nantinya mempunyai rencana membeli kambing di pasar kambing Etawa. Membeli kambing di pasar mempunyai banyak kelebihannya loh sobat. Selain mempunyai banyak pembanding dikarenakan banyaknya yg menjual kambing, harga yg ada di pasar biasanya tidak terlalu tinggi dengan harga kambing yg masih berada di kan&g peternak. Namun, menurut pengalaman nih, sebagian kambing Etawa yg di pasar biasanya tidak sanggup dipertanggungjawabkan kualitas mutu serta silsilahnya (apakah dari indukan yg sehat / tidak). Selain itu, jarang sekali ada peternak membawa kambing Etawa yg berkelas yg dirasa mempunyai nilai jual tinggi ke pasar kambing. Untuk lebih amannya, apabila calon peternak ingin membeli kambing untuk diternakkan, sebaiknya tiba ke peternaknya langsung. Hal ini akan buat terang untuk mengamati & bertanya wacana metode perawatan serta kebiasaan perawatan ternak.