Latest News

Cara Menanam Bayam Petik (Bayam Peyek)

Cara menanam bayam petik=> Siapa yg tidak mengenal bayam, sayur yg banyak mengandung zat besi ini banyak terdapat di mana-mana. Tumbuhnya pun sangat mudah, bahkan bisa, tumbuh di pekarangan rumah. Namun kalau Anda ingin hasil yg lebih baik, tentunya Anda harus menanamnya sendiri & merawatnya dengan baik.

Untuk menanam bayam itu sangat mudah. Namun ada beberapa cara, yg tentunya cara satu dengan yg lainnya ada perbedaan, tergantung dari jenis bayam itu sendiri. Nah, untuk kali ini saya akan membuatkan wacana bagaimana menanam bayam raja, ialah bayam super berdaun lebar.


Sedikit saya beritahu bahwa bayam raja ini berdaun lebar, & daunnya tidak memanjang / runcing. Daunnya berbentuk lebih cenderung bulat, & berwarna hijau. Se&gkan pohonnya berwarna hijau muda. Yang terang jenis bayam ini berbeda dari yg biasanya tumbuh di kebun-kebun.

Sebenarnya untuk namanya pun saya tidak tau persis. Hanya saja petani di sini menyebutnya bayam raja, ada juga yg menyebut bayam pecel / bayam peyek. Nah, untuk penanamannya sendiri, silahkan dibaca lebih lanjut di bawah ini.

1. Yang pertama siapkan tanah untuk menyebar benihnya. Usahakan tanah yg subur & lembab.

2. Kemudian bersihkan tanah tersebut dari rumput-rumput liar. Jika Anda ingin mencangkulnya, itu lebih bagus. Tapi kalau tidak juga tidak problem asalkan kondisi tanahnya sudah gembur.

3. Selanjutnya sebar benih bayam di tanah bedengan tersebut. Usahakan siramilah kalau Anda memberi atap pada daerah menyebar benih itu biar tanahnya jangan hingga mengering. Jika tidak Anda berikan epilog atap, Anda juga harus menyiraminya kalau jarang terjadi hujan. Proses menyiram ini dilakukan pada pagi / sore hari, hingga ia tumbuh & siap dipindahkan.

4. Siapkan tanah yg lebih luas lagi untuk menanam bibit bayam yg telah disemaikan. Bersihkanlah lahan tersebut, kemudian cangkuli kalau terlalu keras. Namun kalau tanah tersebut tidak terlalu keras, cukup beri lubang-lubang untuk menancapkan bibit bayam dengan jarak tanam kurang lebih 30 cm.


5. Cabut bibit dengan tanahnya, kalau ia telah berumur kurang lebih 40 hari semenjak pertama penyebaran benihnya. Jika Anda tidak mau terlalu rumit, cabut saja bibit bayam tersebut dengan tangan Anda, tanpa perlu mengikutkan tanahnya.


6. Tanam bayam yg telah Anda cabut tersebut ke dalam lubang-lubang yg telah Anda buat tadi. Usahakan penanaman dilakukan di sore hari, biar saat ia menyesuaikan diri dengan tanah gres dalam waktu malam tanpa terik matahari biar tidak gampang layu.

7. Siramilah bayam yg ditanam itu secukupnya, biar ia menjadi segar. Kemudian jangan lupa kalau la&g daerah penanaman bayam tersebut kering, sirami saja pada pagi / sore hari. Yang terang usahakan biar tanahnya selalu lembab.

Nah, gampang bukan? kini Anda tinggal lanjut pada tahap perawatan & tinggal menunggu bayam Anda siap dipanen. Baiklah, cukup sekian goresan pena saya wacana cara menanam bayam peyek, semoga berkhasiat. Terima kasih.