Latest News

Cara Memelihara Pohon Pepaya

Seperti yg diinfokan terdahulu, jika setiap orang yg ingin mendapat hasil yg baik dari pertanian, maka faktor utama yg penting diperhatikan ialah pemeliharaan. Sebab dengan pemeliharaan yg baik maka akan sanggup pula memetik hasil yg memuaskan pula.

Cara-cara pemeliharaan pepaya yg baik ialah:

1. Mengurangi semai
Bibit pepaya yg disebarkan secara eksklusif sesudah mencapai ketinggian 25 hingga 30 Cm, baiknya dipilah mana yg tersehat & terbagus dalam tiga batang yg tumbuh itu. Maka biarkan saja ketiga bibit itu hidup & tumbuh berdampingan selama 3 - 4 bulan.

Hingga dengan demikian maka pohon tersebut telah ber.bunga, & kita akan melihat pohon-pohon itu ber.bunga apakah ? Bunga Elongata, Petandria / betina. Setelah benar-benar tahu barulah datang saatnya kita menebang yg dua & tinggal sebatang saja.

Kalau saja yg kita pelihara khusus ini ialah pohon yg ber.bunga betina, maka untuk setiap 25 - 100 pohon betina kita sediakan pula sebatang pohon pepaya ber.bunga jantan. Sebab ini sebagai penghasil dari tepung sari.

2. Penentuan jenis kelamin
Untuk dapatnya kita memilih jenis kelamin pohon pe­paya, maka pelaksanaannya sanggup dilakukan sesudah pohon tersebut berumur 4 hingga 5 bulan. Sebaiknya waktunya juga pada ketika awal animo penghujan. Dari .bunga pertamanya saja sanggup segera ditentukan jenis kelamin pohon tersebut & juga bentuk buahnya

Bunga pepaya yg berbentuk majemuk, ini menkamukan bahwa .bunga pepaya merupakan rangkaian lebih dari satu .bunga & bertangkai. Bunga paling ujung biasanya ialah yg terbesar & akan menjadi buah.
  • Pada tumbuhan yg ber.bunga betina, kelihatan pada ujung tangkai betina besar, se&gkan .bunga lainnya walau berkelamin betina bentuknya kecil & tak akan jadi buah.
  • Apabila .bunga pertamanya pada suatu tangkai jenis kelaminnya jantan & kecil bentuknya, maka sanggup dibutuhkan .bunga besar yg keluar kelak akan berbentuk elongata. Kalau .bunga kecil itu bentuknya petandria buahnya akan petandria.
  • Pohon pepaya yg akan menghasilkan .bunga jantan saja, diawali dengan dibentuknya .bunga majemuk, hingga pada tiap-tiap tangkai nampak beberapa .bunga jantan. Penentuan sex sesudah umur 4 hingga 5 bulan penanaman, selain ditentukan oleh ketika penyebaran & penanaman bibit dari persemaian, juga harus diimbangi dengan kesuburan tanah dalam lubang tumbuhan & pengairan yg mantap. Sebab ka­lau tak menghiraukan faktor-faktor ini akan menimbulkan pohon pepaya jadi kurus, tumbuhnya memanjang & akan mengalami keterlambatan dalam ber.bunga.
 jika setiap orang yg ingin mendapat hasil yg baik dari pertanian Cara Memelihara Pohon Pepaya


3. Penyiangan
Untuk menghindarkan pertanaman rumput-rumput disekitar pohon pepaya, maka penutupan tanah dengan bahan2-bahan2 organik yg kering / masih lembap sangat perlu dilaksanakan. Atau jika berdasarkan istilah populernya yg diambil dari bahasa abnormal ialah MULCHING. Mulching sendiri ini, selain berfungsi untuk meniadakan pertanaman rumput, sanggup pula menahan tanah menjadi tetap lembab.

Bila saja terpaksa tidak sanggup memberi mulch yg cukup tebal, juga terpaksa rumput harus disiangi maka usahakanlah penyiangan ini jangan hingga merusak akar. Penyiangan juga harus ditujukan pula untuk menggemburkan tanah. Tanah cuilan atas serta bawah. Penggemburan tanah ini berarti pula menahan penguapan air & pemadatan tanah. Bertambah umur akan bertambah lebarlah tanah sekitar batang pepaya yg minta perhatian untuk dirumputi & digemburkan.

4. Pemupukan
Karena sudah banyak kita bicarakan di depan maka sebaiknya untuk ini akan kita singkat saja, & kita ambil bagian-bagian vang penting dari pemupukan. Dalam melakukan pemupukan dengan pupuk buatan memasukkan pupuk dalam tanah dengan penugalan lebih baik, dari pada hanya ditaburkan untuk kemudian dimasukkan dengan cangkul.

Sebab jika kita memasukkannya dengan cangkul /pun dengan solet akan bisa, merusak akar dari pohon pepaya itu sendiri. Terutama akar mayg yg telah agak tebal. Pemupukan dengan pupuk kan&g, dilakukan jika pohon gres berumur kurang satu tahun, sanggup dengan jalan buat rorak & memasukkannya ke dalam tanah yg melingkari pohon pepaya itu sendiri.

Namun jika pohon pepaya itu sendiri telah tua, maka sanggup dilakukan dengan jalan membuka tanah dibawah pohon akan tetapi jangan hingga merusak akar dari pohon tersebut. Setelah membuka tanahnya maka pupuk kita taburkan & tanahnya kita tutup lagi.

Mulching yg terus menerus dilakukan sanggup pula berkhasiat meningkatkan kadar bahan2 organis dalam tanah dibawah mahkota pohon, tanpa penambahan2 pupuk kan&g.

5. Pengairan
Pengairan ini dilakukan dalam animo kemarau. Pelaksanaannya memang sanggup saja dilakukan dengan mengalirkan air dalam aluran / got-got yg telah tersedia di tengah-tengah larikan. Kemudian untuk mempercepat masuknya air ke dalam tanah, tanah di bawah mahkota pohon disiram hingga cukup basah. Tentang berapa kali pengairan harus dilaksanakan dalam animo kemarau ini, maka ini ialah tergantung sekali kepada jenis tanah & teriknya musim. Sebaiknya memang pengairan ini dilaksanakan antara 10 hingga 15 hari sekali. Terlalu sering mengairi kebun pepaya juga tidak baik, alasannya ialah nanti akan buat buahnya kurang manis serta bisa, menjadikan pula akar menjadi busuk. Akan tetapi terlalu jarang mengairi juga tidak baik, lantaran selain kekeringan juga akan menjadikan tanah menjadi keras & pecah-pecah.

6. Waktu memetik
Tkamu-tkamu buah telah masak & sudah datang saatnya untuk dipetik, akanlah kelihatan dari perubahan2 warna & hijau ke kuning. Getahnya yg keluar dari buah yg sudah cukup renta selain mengurangi deras mengalirnya warna getahnyapun agak jernih. Kalau saja kita memetik buah pepaya yg telah berwarna kuning sedikit, maka akan sanggup masak keseluruhannya sesudah kita simpan selama 4 samapi 5 hari.
Kalau akan kita simpan agak lama, maka sebaiknya pemetikan dilakukan bila buah tersebut telah agak tua. Tan&ya mengeluarkan getah yg jernih namun belum berubah warnanya.

Namun jika saja kita memerlukan penyimpanan yg lebih dari 7 hari, ini harus dilakukan ditempat yg dinginnya rata- rata 10 derajad Celcius.

7. Hasil Pepaya
Hasil pepaya yg kita tanam ini banyak sedikitnya memang tergantung dari jenis apa yg kita tanam. Juga bagaimana pemeliharaan kita. Kalau hanya seenaknya saja maka jangan harap akan menghasilkan hasil menyerupai yg dipelihara secara intensif. Kalau yg dipelihara dengan baik biasanya satu pohon saja akan sanggup menghasilkan 30 hingga 150 buah. Kalau buah itu kita timbang maka rata-rata ialah 0,75 Kg. Se&gkan jika jenis pepaya yg berbuah kecil