Latest News

Cara Menanam Pohon Pepaya Yang Benar

Ada beberapa faktor yg mengakibatkan tumbuhan pepaya sanggup berproduksi dengan baik. Walaupun pohon-pohon pepaya yg produktivitasnya baik itu hanya sanggup kita pertahankan selama tiga hingga lima tahun saja. Adapun syarat-syarat untuk mendapat pohon pepaya yg baik itu ialah :
  1. Kebun pepaya kita ini harus bebas dari rumput-rumput yg jahat.
  2. Tidak berada di erat pohon-pohon lain yg tinggi & rimbun, hingga pohon pepaya kita sanggup kekurangan sinar matahari.
  3. Bebas dari semak-semak yg sanggup mengganggu akar dalam mencari makanan.
  4. Kebun pepaya ini dihentikan dikelilingi oleh pohon-pohon yg tinggi & rin&g, apalagi diberi pagar. Sebab bila hingga hal itu terjadi maka angin tak akan sanggup dengan leluasa masuk ke luar kebun.
  5. Jadikanlah kebun itu hanya di tanami pepaya saja, / katakanlah tumbuhan pepaya itu hanyalah merupakan mono kultur saja dalam kebun itu.
  6. Pembuangan air yg berupa got-got haruslah sudah dipersiapkan sejak belum menanam pepaya itu sendiri.
  7. Lubang untuk menanam pohon pepaya harus cukup besar hingga sanggup menampung rabuk organis yg cukup banyak, alasannya yaitu itu ialah menjadi rabuk dasar utamanya.
Harus pkamui mencari lokasi untuk kebun pepaya, hingga jangan hingga tanah yg &gkal akhir a&ya padas di dalamnya kemudian ditanami pohon pepaya. Bila hal ini terjadi maka pasti pepaya itu akan mati / bila tumbuh pertanamannya sangatlah kurus

Ada beberapa faktor yg mengakibatkan tumbuhan pepaya sanggup berproduksi dengan baik Cara Menanam Pohon Pepaya Yang Benar


Bibit Pepaya & Pemilihan Bibit.
Kalau kita akan membibitkan biji pepaya, maka kita harus mengeringkan / mengangin-anginkan biji pepaya itu sendiri yg telah dikeluarkan dari dalam kulit arinya.

Setelah biji yg dikeringkan alasannya yaitu angin-angin ini, kemudian sanggup kita simpan dalam botol yg rapat, bila banyak maka sanggup pula dimasukkan/disimpan dalam plastik. Biji disimpan dalam botol /pun plastik akan bisa, tahan hingga 2 - 3 tahun.

Kemudian biji-biji tersebut jikalau di sebar ditempat yg cukup lembab, tentu saja jikalau tidak diselingi dengan kekeringan maka biji tersebut akan tumbuh sesudah 2 / 3 minggu.

Pemilihan Bibit
Di dalam pemilihan bibit, biasanya orang akan selalu menentukan bibit yg berasal dari buah-buah pepaya yg besar & rasanya manis. Apalagi jikalau untuk ditanam di Indonesia. Se&gkan untuk bentuk, orang akan bisa, / tidak mempersoalkan apakah itu berbentuk lonjong /pun bulat. Namun yg penting besar & manis. Atau jikalau boleh dikatakan, orang akan selalu menentukan bibit-bibit dari kates unggul yg te­lah terbukti pembuahannya.

Untuk mendapat biji pepaya ini, penanam sanggup memperolehnya dengan cara membeli di pasar /pun minta bibit berupa biji kepada para tetangga yg sudah menanamnya.

Walaupun belum ada penyelidikan secara ilmiah, tetapi biasanya berdasarkan dogma orang akan mengambil biji dari buah yg baik & biji yg berada di tengah-tengah. Sebab biji tersebut akan sanggup menghasilkan buah yg diharapkan.

Kalau hanya untuk ditanam sendiri di pekarangan, maka tidak akan banyak memerlukan biji sebagai bibit. Sebuah peka­rangan depan & samping rumah yg biasa saja hanya me­merlukan 10 biji pepaya. Kemudian bila 10 biji tersebut kita tanam semua, maka dalam waktu 4 hingga 6 bulan kemudian kita akan mendapat beberapa pohon pepaya yg berlainan jenisnya, & tinggal selera kita, mana yg akan kita pergunakan & teruskan perawatannya.

Memang jikalau penanamnya itu hanya sekedar ingin menanam saja, maka semua pohon pepaya yg tumbuh itu tidaklah menjadi persoalan. Akan tetapi lain halnya bila penanamnya ialah seorang pengusaha hingga ia akan selalu memperhitungkan untung ruginya dari pohon pepaya yg telah tumbuh.

Sebab untuk orang-orang yg memang ingin berkebun pe­paya & menjualnya lagi hasil-hasil kebunnya itu maka perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  • Bentuk buah dari hasil kebunnya yg merata, hingga bias memenuhi selera dari para pembelinya kelak.
  • Pohon tersebut harus sanggup menghasilkan buah setiap bulannya.
Akan tetapi jikalau kita benar-benar selektif, maka pengambilan bibit dari pohon yg asal tumbuh saja, / ibarat yg kita uraikan diatas itu maka alhasil juga akan kurang manis / dengan kata lain sasaran yg kita inginkan tidak akan terpenuhi. Hal ini alasannya yaitu a&ya kemungkinan persarian bersilang sebagai akhir dari tawon-tawon yg berterbangan di sekitar.

Hingga alasannya yaitu lebah / tawon-tawon ini, maka tak menutup kemungkinan bahwa pepaya yg alhasil baik akan bisa, kawin dengan pepaya yg kurang baik.

Karena itulah jikalau benar-benar ingin mendapat bibit yg baik maka sebaiknya memang kita harus pergi & membeli pada orang-orang yg telah biasa menanam kates & ha­silnya juga baik. Kalau memang belum bisa, menemukan orang yg biasa menanam kates / pepaya ini, maka bisa, juga kita minta petunjuk dari Dinas Pertanian.

Sebenarnya bibit pepaya ini sanggup pula diusahakan dari kebun sendiri, akan tetapi harus sesudah mengalami hasil dalam isu terkini kemarau & penghujan. Sebab dalam satu tahun musim, kita gres bisa, menentukan pohon induk mana yg memenuhi syarat untuk keperluan diatas.

Pohon pepaya yg dalam satu tahun sanggup menghasilkan dua isu terkini buah dengan terus menerus ini akan memperlihatkan bahwa pohon tersebut benar-benar termasuk jenis pepaya ber.bunga PETANDRIA.
Bibit dari jenis pohon ini kemungkinan akan mendapat turunan pepaya yg baru, yaitu yg ber.bunga jantan & tepat dengan perbandingan 1 : 2

Penyerbukan Buatan
K/ kita ingin menjamin a&ya pembibitan yg sanggup menghasilkan tumbuhan pepaya yg sifat-sifatnya ibarat apa yg kita kehendaki maka yg harus diperhatikan ialah :
  • Pepaya yg sanggup berbuah sepanjang tahun dengan tidak ada kekosongan.
  • Bentuk buahnya merata dalam sebuah kebun, misalnya saja bentuk ciongata yg hanya sanggup dihasilkan oleh .bunga petandria tepat / khasus jenis pepaya jinggo.
Hasilnya tiap bulan bisa, diharapkan, & tak ada waktu yg kosong sebagai akhir dari isu terkini kemarau, kemudian buahnya baik artinya :
  • rasanya manis
  • dagingnya sanggup bertahan usang & tidak cepat lembek bila sudah masak.
Untuk inilah maka penyerbukan buatan perlu dilakukan. Se&gkan untuk keperluan tersebut pelaksanaannya gampang saja. Kita sanggup mengerjakan sendiri dengan cara :
  • mencari pohon pepaya yg berbuah terus menerus.
  • memilih .bunga yg bakal buahnya terletak pada ujung .bunga beragam & yg sudah hampir mekar.
  • membuang .bunga lainnya yg berada di bawahnya.
  • mengambil .bunga jantan yg setangkai dengan .bunga yg dibungkus, ini dilakukan 1 ahad sebelum penyerbukan
  • pilihlah .bunga jantan yg belum membuka & sudah berwarna putih.
  • setelah kita menentukan .bunga betina & kemudian .bunga betina yg terpilih ini ditutup dengan kantong kain & diikat rapat-rapat.
Sehari sebelum .bunga yg dibungkus itu membuka, maka serbukkanlah dengan tepungsari dari .bunga jantan tersebut. Bunga jantan yg telah disimpan 1 ahad lamanya pada ketika penyerbukan, tepungsarinya telah tampak bergumpal pada benangsari.
  • Untuk mempermudah penyerbukan buatan ini, maka terlebih dahulu kita harus membuang semua daun .bunganya.
  • Setelah penyerbukan final maka tutuplah dengan kantong & kemudian diikat erat-erat.
  • 10 hari sesudah itu kantong dibuka, maka tampaklah akan ada perubahan2 dalam pertanaman bakal buahnya.
Hingga dengan demikian maka selesailah kiprah kita untuk buat perkawinan buatan untuk pepaya kita ini. Yaitu perkawinan .bunga tepat diserbuk sendiri & ini berencana serta memenuhi syarat:
  • diketahui orang tuanya/asal pohon.
  • sifat-sifat orang tuanya/ pohon asalnya.dapat dihitung semula, berapa banyak pohon pepaya yg berkelamin betina & yg sempurna.
Hingga perkawinan ini akan menghasilkan tumbuhan yg perbandingan: 1 jantan : 2 hermaphrodit : 0 betina.

Penanaman Pepaya
Cara penanaman biji pepaya ini dapatlah dilakukan dengan aneka macam macam yaitu dengan jalan :
  1. Disebarkan eksklusif dilapangan.
  2. Disemai terlebih dahulu di kawasan persemaian.
  3. Disemaikan terlebih dahulu di kantongan plastik.
1. Disebar langsung
Kalau kita tilik untung & ruginya menanam pepaya dengan cara menyebar eksklusif dalam lobang tumbuhan yg telah tersedia, maka ialah sebagai berikut: Keuntungan :
  • Semai pepaya tidak mengalami kerusakan akar baik itu akar pancar / pun akar maygnya.
  • dapat tumbuh eksklusif dengan tanpa ada kendala da­lam pertanaman akar pancar maupun batangnya.
  • pohon yg tumbuh dari cara ini akan cepat berbuah yg terang tidak memerlukan biaya tambahan2 untuk buat persemaian, biaya pemindahan & ekstra penyulaman
Kerugiaannya:
  • memerlukan banyak biji.
  • memerlukan penjagaan ekstra.
  • bila tak ada air yg gampang diangkut maka mustahil menyebar pada isu terkini kemarau.
  • memerlukan pemeliharaan yg serius & terutama sekali dalam bi&g penyiraman.
2. Bila disemaikan terlebih dahulu
Dengan jalan penyemaian terlebih dahulu ini berarti menjamin jadinya bibit yg sanggup disebarkan setiap waktu. Dan sudah tentu jikalau dengan cara ini maka memerlu­kan biaya ekstra bila dibandingkan dengan jalan penyebaran langsung.

Juga selain itu, pemindahan dari persemaian ke kebun pepaya, maka akan menimbulkan pertanaman pohon itu sendiri agak terlambat. Apa lagi jikalau pemindahan ini dilakukan pada isu terkini kemarau & minta proteksi dari pohon lain.

Logis jikalau ada setiap kali ada kerugiannya, maka ada juga keuntungannya, laba tersebut ialah kita sanggup mencari bibit yg rata besar & bentuknya untuk ditanam di kebun. Hingga dengan demikian maka kebun akan ada pohon yg rata.

3. Persemaian dalam kantong plastik
Persemaian dalam kantong plastik ini sanggup kita lakukan dalam setiap waktu. Kalau saja kita ingin merencanakan penanaman di awal isu terkini kemarau, maka dengan yummy kita sanggup menanamnya.
Kemudian jikalau kita bandingkan dengan persemaian biasa, maka persemaian dalam kantong plastik ini tidak akan merusak akar dari pohon pepaya itu sendiri. Tanah dalam plastik itupun sanggup kita buat rata kesuburannya.

Untuk keperluan tersebut, jikalau bisa, kita harus menentukan kantong plastik yg berwarna hitam & berukuran antara 10 cm lebarnya & 20 cm dalamnya. Apabila dikehendaki biar agak usang di dalam kantong plastik maka harus dicarikan kantong plastik yg lebih besar lagi.

Kalau kita menyemaikan dalam kantong plastik, maka penanaman pohon ini kelak di kebun haruslah kita usahakan biar jangan dinantikan hingga akar pancarnya melingkar didalam plastik.

Penyebaran ;
Kalau dilakukan penyebaran eksklusif maka bibit / biji pepaya tersebut kita masukkan saja ke dalam lobang sedalam rata-rata 1,5 Cm / paling tidak 2 kali tebal biji pepaya. Kalau saja kita sebar eksklusif dilapangan maka setiap lobang hendaknya kita isi dengan paling sedikit 3 butir biji, dengan jarak rata-rata 5 Cm. Kemudian jikalau dipersemaian kita harus memberi jarak rata-rata antara 10 -15 Cm. Kemudian antara larikan sekitar 10 Cm pula.

Waktu:
Untuk kawasan Jawa Barat memang sudah biasa menanam pepaya dengan cara meyebarkan eksklusif di lapangan dalam waktu 4 -5 bulan sebelum hujan datang. Hingga dengan demikian maka pada waktu isu terkini penghujan datang, pohon pepaya itu sendiri telah ber.bunga /pun bahkan berbuah.

Sudah terang dengan cara inipun memerlukan ketekunan dalam penanamannya, alasannya yaitu dalam jarak 2 hingga 3 ahad kemudian biji-biji yg disebar itu akan mulai tumbuh.

Kalau saja kita telah menyebar, maka yg harus dijaga benar-benar ialah jangan hingga tanah tersebut menjadi kering. Sebaiknya biji yg telah kita sebar itu eksklusif saja di tutup dengan rumput yg telah kering, hingga dengan demikian berarti melindungi tanah biar tidak cepat kering

Jarak & Lobang tanam :
Pohon pepaya dalam pertanaman penamanya haruslah terjamin subur & cepat berbuah. Karena itu sudah masuk akal jikalau pepaya ini minta tempat yg subur & memenuhi persyaratan untuk sanggup menyebarkan akarnya yg cepat meluas. Adapun syarat-syarat untuk keperluan tersebut:
  1. Lobang tumbuhan yg cukup luas.
  2. Tanah yg menjadi dasarnya tidak hercadas/ cadas.
  3. Di dalam lobang harus tersedia pupuk kan&g yg telah tua.
  4. Kemudian disamping pupuk kan&g yg menjamin tanah tetap gembur, & sanggup mengandung air, maka harus ada rabuk tambahan2 berupa pupuk buatan yg mengandung zat N, P & K. Keseluruhan dari pupuk-pupuk inilah yg kemudian kita sebutkan sebagai rabuk dasar. Pupuk tambahan2 sanggup kita berikan nanti sesudah sebulan biji di tanam.
Jarak Tanam
Jarak tanam yg baik untuk setiap pohon dengan pohon yg lainnya maka berdasarkan penyelidikan & pengalaman para petani pepaya yg telah berhasil ialah sekitar 2,5 - 3 meter.

Biasanya jikalau hingga ada petani papaya yg menanamnya dengan jarak tanam lebih dari 4 meter, alasannya yaitu diantaranya jarak-jarak itu akan ditanami tumbuhan lain.

Ukuran Lohang
Lobang ukuran yg normal biasanya ialah : 0,50 x 0,50 x 0,50 meter.
Kalau saja kita menanam pepaya dalam tanah yg berjenis latosol, maka caranya memberi pupuk ialah sebagai berikut:
  • untuk pupuk kan&g memerlukan 2 kaleng buat setiap lobang jadi setiap hektarnya membutuhkan pupuk kurang lebih 30 ton.
  • Se&gkan pupuk buatan 1 bulan sesudah menanam memerlukan :
    50 gram ZA 45 gram DS 20 gram ZK
  • pupuk buatan selanjutnya akan kita berikan setiap tiga bulan sekali adapun ukuran pemberiannya ialah sebagai berikut:
    130 gram ZA / sama dengan 65 gram Urea.
    90 gram DS / sama dengan 180 gram superfosfat.
Kemudian jikalau berdasarkan data-data dari FERTILIZER USE, maka kontribusi rabuk itu akan diberikan dengan ukur­an sbb:

Perabukan pertama :
Umur 2 - 6 bulan
35 - 70 Gram ZA rata-rata 50 gram.
35 - 87 Gram DS rata-rata 60 gram.
14 - 28 Gram ZK rata-rata 20 gram.

Untuk data-data ini memang telah dibuktikan kebaikannya di laboratorium, se&gkan untuk perabukan yg diberikan oleh para petani kita itu hanyalah sebagai ancar-ancar saja, walaupun mereka telah sukses dalam penanaman akan tetapi pu­puk / jumlah pupuk yg diberikan itu belum diselidiki di labo­ratorium

Memang jikalau ditinjau berdasarkan daerahnya, maka cara perabukan para petani pepaya kita itu masih harus diselidiki lagi. Sebab jumlah yg diberikan untuk kawasan yg panas belum tentu cocok buat kawasan yg dingin. Misalnya saja pohon pe­paya yg ditanam di Jakarta /pun di Surabaya, akan tidak cocok kontribusi pupuknya jikalau disamakan untuk kawasan Malang /pun Bandung.

Maka untuk perabukan yg baik, jumlahnya dapatlah ditanyakan saja eksklusif pada Dinas Pertanian untuk wilayahnya masing-masing. Sebab Dinas Pertanian untuk setiap kota berbeda suhu tentu akan memperlihatkan citra yg lain-lain