Latest News

Pakan Alami & Buatan Untuk Ternak Jangkrik

Pakan alami jangkrik yg berupa sawi putih, sawi hijau, terung, gambas, kacang buncis, kacang tanah, kacang panjang, & wortel juga harus disiapkan. Pakan dihentikan mengandung pestisida, oleh alasannya itu harus dicuci higienis sebelum digunakan. Pakan jangkrik pada prinsipnya harus mengandung beberapa vitamin, mineral, karbohidrat, & protein.

Pakan alami jangkrik yg berupa sawi putih Pakan Alami & Buatan untuk Ternak Jangkrik
Pakan alami & kawasan peneluran jangkrik

Selain pakan alami, di dalam kan&g juga perlu dilengkapi dengan seresah / kertas bekas kawasan telur ayam sebagai kawasan persembunyian, pasir halus kawasan peneluran, & pakan buatan untuk anak jangkrik

Pakan buatan diberikan khususnya pada jangkrik yg gres menetas / yg masih berumur 1-20 hari. Pakan buatan berupa tepung adonan antara jagung, kedelai, & kacang hijau dengan perbandingan 2:1:1. Pakan buatan ini yakni pakan yg secara sederhana sanggup dibentuk sendiri dengan mudah. Cara buatnya:
  • Jagung, kedelai, & kacang hijau digoreng tanpa minyak selama 15 menit dengan nyala api kecil / diubahsuaikan supaya tidak gosong.
  • Kemudian didinginkan pada suhu kamar.
  • Selanjutnya, ditumbuk hingga halus & dicampur dengan susu abu untuk bayi sebanyak dua sendok makan untuk setiap 250 gram tepung.
  • Pakan buatan siap diberikan pada anak jangkrik.

Selain pakan buatan, pakan alami harus tetap diberikan. Ketika jangkrik berumur 21-40 hari maka perlu ditambahkan minyak ikan dengan cara dua butir minyak ikan dilarutkan dalam air & disemprotkan pada daun sawi hijau dengan menggunakan sprayer, penyemprotan diusahakan tidak terlalu basah.
Tambahan2 pakan alami berupa kecambah kacang hijau sangat baik diberikan pada jangkrik sehabis umur 40 hari. Hal tersebut bertujuan untuk menambah kemampuan bereproduksi & pembentukan sistem kekebalan tubuh.

Menurut penelitian yg seksama, bersama-sama telah ditemukan resep pakan jangkrik yg ideal yg terdiri atas adonan kasein, aphacel, dextrose, garam campuran, & kolesterol yg ditambah dengan vitamin B campuran, E, & K1. Adapun perbandingan antar bahan2 pakan tersebut yakni ibarat yg tertera pada tabel berikut.

Pakan alami jangkrik yg berupa sawi putih Pakan Alami & Buatan untuk Ternak Jangkrik
Komposisi pakan buatan untuk jangkrik

Komposisi pakan pada tabel tersebut perlu ditambah dengan vitamin-B adonan (10 ml), vitamin E (1 ml), & vitamin K1 (ml). Garam adonan terdiri atas NaCI (105 g), KCI (120 g), KH2PO4(310 g), CaHPO4 (148,3 g), CaCo3 (210 g), MgSO4 (90,5 g), FePO4.4H2O (14,7 g), MnSO4.H2O (0,23 g), ZnCO3 (0,55 g), & CuSO4 (0,72 g).

Vitamin B-campuran terdiri atas Thiamin HCI (1,2 mg), Riboflavin (1,8 mg), Nicotinic acid (10 mg), Pyridoxine HCI (1,6 mg), Ca panthothenate (4 mg), Choline chloride (100 mg), Inositol (200 mg), p-Amino-benzoic acid (5 ml), Folic acid (0,5 mg), & Biotin (0,06 mg).

Cara buat pakan tersebut yakni sebagai berikut:
  • Letakkan kasein, dextrose, & garam pada mortar & campurlah hingga merata.
  • Tambahkan vitamin b-campuran & aduk hingga merata.
  • Campuran bahan2 yg ada di mortar dipindahkan ke atas kertas saring, letakkan tersebar di atas kertas & biarkan hingga mengering (biasanya selama 2 jam). Kalau sudah kering, masukkan lagi pada mortar & gerus hingga homogen. Tambahkan alphacel & aduk.
  • Tambahkan chloroform, vitamin E, & vitamin K1 selanjutnya aduk hingga merata.
  • Pindahkan lagi adonan bahan2 yg ada di mortar ke atas kertas saring, letakkan tersebar di atas ker­tas & biarkan hingga chloroformnya habis menguap (biasanya selama 2 jam).
  • Pakan siap diberikan pada jangkrik. Apabila kelebihan, pakan sanggup disimpan dengan cara memasukkan pakan pada wadah & simpan di refrigerator pada suhu 5 °C. Sewaktu-waktu membutuhkan pakan tinggal mengambilnya dari dalam refrigerator.

Di pasaran internasional, sudah dijual pakan buatan un­tuk jangkrik, salah satu teladan yakni produk pakan buatan untuk jangkrik yg diproduksi oleh superfoods

Pakan buatan tersebut mengandung nutrisi, mineral, protein, & vitamin yg seimbang untuk jangkrik. Menurut iklannya, jikalau menggunakan pakan tersebut maka tidak perlu lagi memperlihatkan tambahan2 pakan lain